Roma (ANTARA News) - AS Roma mendonasikan uang sebanyak lebih dari 400.000 pound atau 575.000 euro untuk membantu para pengungsi seluruh dunia sebagai wujud dari sikap bela rasa terhadap mereka yang miskin dan papa.

Klub papan atas Serie A itu merupakan satu dari sejumlah tim sepak bola yang memberi bantuan dana kepada para pengungsi. Presiden AS Roma Jim Palotta lantas menyebut sumbangan dana itu sebagai "Football Cares", sebagaimana dikutip dari laman Daily Mail.

"Setelah menyaksikan sejumlah peristiwa belakangan ini yang melanda Eropa dan Timur Tengah, kami merasa bahwa AS Roma tergerak melakukan sesuatu yang lebih," kata Palotta.

Pekan lalu, raksasa Bundesliga Bayern Muenchen mengumumkan bahwa mereka menyediakan "tempat latihan" untuk membantu para pengungsi, dan berkomitmen memberi bantuan dana sebesar 730.000 pound.

Sementara itu, Komite Olimpiade Internasional telah menyediakan dana sebesar 1,3 juta pound untuk membantu para pengungsi. Real Madrid juga menyumbang dana sebesar 730.000 pound.

Presiden Porto Jorge Nuno Pinto da Costa mengirim surat terbuka kepada presiden UEFA Michel Platini dengan menyerukan bahwa dunia sepak bola perlu menunjukkan sikap bela rasa terhadap mereka yang miskin dan papa, serta para pengungsi dunia.

Ia  juga mengimbau kepada 32 klub yang berlaga di Liga Champions untuk menyumbang 1 euro dari setiap tiket yang dijual di ajang kompetisi sepak bola itu.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2015