Islamabad (ANTARA News) - Pakistan pada Sabtu (12/9) mengatakan 47 warga negaranya cedera dalam peristiwa jatuhnya crane di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Jumat malam waktu setempat, menjelang pelaksanaan Ibadah Haji.

Para pejabat Arab Saudi telah mengkonfirmasi sedikitnya 107 calon haji wafat dan 238 orang lagi cedera ketika satu crane jatuh di Masjidil Haram di Makkah, Arab Saudi akibat hujan dan angin kencang.

Juru Bicara Kantor Urusan Luar Negeri Pakistan Qazi Khalilullah mengatakan di Islamabad 22 calon haji Pakistan cedera dalam kecelakaan di Masjidil Haram. Mereka kini dirawat di beberapa rumah sakit sementara 25 lagi calon haji Pakistan yang menderita luka ringan telah diperkenankan kembali ke penginapan mereka setelah diobati.

Khalilullah, sebagaimana diberitakan Xinhua, Ahad, mengatakan tak ada calon haji Pakistan yang meninggal dalam kecelakaan itu. Media setempat sebelumnya melaporkan satu calon haji Pakstan termasuk di antara korban yang meninggal.

Juru bicara tersebut mengatakan anggota tim medis Pakistan, yang berada di Arab Saudi sehubungan dengan ibadah tahunan itu, terlibat dalam pemberian perawatan medis bagi korban cedera.

Menteri Urusan Agama Pakistan Sardar Yousaf mengatakan tujuh calon haji Pakistan yang cedera berada dalam kondisi kritis. "Kami terus mengadakan kontak dengan Pemerintah Arab Saudi. Para dokter Pakistan memberikan bantuan medis buat orang yang cedera," kata Yousaf kepada radio resmi Pakistan.

Duta Besar Pakistan untuk Arab Saudi Manzzor-ul-Haq mengatakan fasilitas medis terbaik diberikan kepada calon haji Pakistan yang cedera di Makkah.

Perdana menteri dan presiden Pakistan telah menyampaikan keterkejutan mereka atas peristiwa di Masjidil Haram dan menyampaikan simpati kepada keluarga calon haji yang cedera.

(Uu.C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015