Setelah bertemu Menperin, kami sangat percaya diri untuk investasi di Indonesia.."
Jakarta (ANTARA News) - Tiongkok semakin percaya diri berinvestasi di Indonesia karena dukungan dan jaminan dari pemerintah Indonesia, salah satunya tentang masalah perizinan.

"Pihak Tiongkok menemui Menteri Perindustrian untuk menyatakan rencana investasinya di Indonesia dan meminta kemudahan perizinan," kata Direktur Pengembangan Fasilitasi Wilayah II Kementerian Perindustrian Budi Setyanto di Jakarta, Senin.

Hal tersebut disampaikan Budi usai mendampingi Menperin Saleh Husin bertemu Deputy Secretary General Qinzou Municipal Government, Guangxi Huan Yi.

Budi mengatakan, Menperin menyampaikan akan menjamin kemudahan perizinan dan kelancaran investasi yang ditanamkan oleh para investor.

Menperin berharap, lanjut Budi, agar investor asal Tiongkok tersebut benar-benar merealisasikan investasinya di Indonesia.

Dalam hal ini, Huang Yi mengatakan menyambut baik pertemuannya dengan Menperin karena bersedia meluangkan waktu untuk berdiskusi dengan perwakilan pemerintah daerah Tiongkok tersebut.

"Setelah bertemu Menperin, kami sangat percaya diri untuk investasi di Indonesia, terlebih dengan adanya dukungan dari pemerintah Indonesia," kata Huang.

Rencananya, Huang akan membawa lima investor asal negerinya untuk berinvestasi di lima sektor industri di Indonesia dengan nilai 3 milliar dollar AS pada tahap awal.

Huang berharap, investasi tersebut semakin mempererat hubungan kerja sama antara dua negara tersebut.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015