Lisbon (ANTARA News) - Lembaga pemeringkat Standard & Poors menaikkan peringkat kredit Portugal pada Jumat menjadi BB+, sebuah tingkat di bawah "investment grade" (layak investasi).

"Pemulihan ekonomi Portugal dan konsolidasi anggaran terus sejalan dengan harapan kami, menempatkan utang pemerintah bersih terhadap produk domestik bruto pada jalur menurun setelah 15 tahun berturut-turut meningkat," kata pernyataan itu, seperti dikutip Xinhua.

Portugal telah dinilai BB sejak 2012, setahun setelah negara itu harus mencari dana talangan 78 miliar euro dari pemberi pinjaman internasional ketika negara itu di ambang kebangkrutan.

"Kenaikan peringkat mencerminkan pandangan kami pemulihan ekonomi yang stabil di Portugal, didukung oleh perbaikan secara bertahap kondisi pasar tenaga kerja," pernyataan mengatakan.

Lembaga berbasis di New York itu pada Jumat juga memberikan negara tersebut prospek (outlook) stabil dan mengatakan pihaknya memperkirakan "kesinambungan kebijakan yang luas" terlepas dari siapa yang menang dalam pemilihan umum pada 4 Oktober

Koalisi yang berkuasa kanan-tengah sedang bersaing hampir ketat dengan Partai Sosialis kiri-tengah menurut jajak pendapat baru-baru ini.

Lembaga pemeringkat ini juga mencatat bahwa peringkat Portugal bisa diturunkan jika pemerintah "menyimpang dari kebijakan ekonominya."

(Uu.A026)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2015