Jakarta (ANTARA News) - Konektivitas WiFi dalam penerbangan Eropa akan lebih baik berkat kemitraan yang dijalin oleh dua perusahaan telekomunikasi Eropa, Deutsche Telekom (Jerman) dan Inmarsat (Inggris).

Kedua perusahaan tersebut tengah membangun BTS 4G berkapasitas tinggi di seluruh benua Eropa yang membantu penumpang pesawat terbang untuk update status di Facebook, Twitter dan Snapchat dari ketinggian 30.000 kaki.

BTS akan didukung oleh teknologi satelit dari Inmarsat untuk menyediakan rumah broadband berkualitas 4G untuk penumpang.

"Ini akan menjadi konektivitas jaringan penerbangan pertama di Eropa yang didukung oleh kombinasi LTE dan satelit," kata CEO Deutsche Telekom, Tim Hottges.

Lufthansa akan menjadi maskapai penerbangan pertama yang akan menawarkan internet berkecepatan tinggi kepada penumpangnya mulai tahun depan.

Meskipun jaringan 4G memungkinkan penumpang untuk menggunakan layanan online di ponsel mereka, namun panggilan telepon tidak akan diizinkan.

Belum diketahui berapa besar penambahan layanan 4G tersebut akan berpengaruh terhadap biaya yang akan dikenakan kepada penumpang pesawat, demikian Digital Spy.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015