Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro mendapat anugerah Bintang Kehormatan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) atas pelayanan terbaik perusahaan dalam pelaksanaan pembayaran hak atas pensiun dan tunjangan veteran.

Penyematan lencana Bintang Kehormatan LVRI kepada Iqbal, dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP LVRI, Letjen TNI (Purn) Rais Abin, di Gedung Graha Purna Yudha, Jakarta, Rabu.

Selain Iqbal, LVRI juga secara bersamaan memberikan lencana Bintang Kehormatan kepada Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan, Timbul Siahaan.

Baik Iqbal maupun Timbul sebagai pimpinan pada Taspen dan Ditjen Potensi Pertahanan Kemenhan, dinilai mampu menjalan tugasnya dengan baik dalam memberikan layanan kepada para veteran.

"Mereka ini (Taspen dan Ditjen Pothan) merupakan mitra LVRI. Mereka telah memberikan bukti nyata memberikan layanan pembayaran hak-hak atas pensiun dan tunjangan veteran yang kami peroleh di sisa usia kami sebagai Pejuang Kemerdekaan RI," ujar Rais.

Untuk itu tambah Rais, pemberian penghargaan Bintang Kehormatan ini kepada kedua pejabat tersebut bentuk apresiasi LVRI yang harus cepat-cepat diserahkan.

"Taspen sejak di bawah kepemimpinan Pak Iqbal Latanro, tidak ada lagi permasalahan soal pembayaran hak-hak veteran. Demikian juga Ditjen Pothan, seluruh persoalan administrasi veteran sudah tertata sangat baik," tegasnya.

Sementara itu Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik kepada 204.502 orang veteran.

Menuru Iqbal, setiap bulan Taspen melakukan pembayaran berupa tunjangan veteran, dana kehormatan veteran dan uang duka veteran, senilai total Rp204,5 miliar setiap bulan kepada 204.502 orang veteran.

Uang tersebut dialokasikan dalam bentuk dana tunjangan veteran kepada 46.990 orang veteran dan kepada 73.550 orang janda veteran, serta kepada 22.441 orang dalam bentuk dana kehormatan veteran.

"Para veteran sebagai perintis kemerdekaan berjasa memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Jadi sudah seharusnya diberikan perhatian penuh dengan memberikan layanan maksimal," ujarnya.

Menurut Iqbal, 42 kantor cabang Taspen siap melayani pelaksanaan pembayaran, selain juga terdapat mitra bayar di sekitar 5.000 titik kantor bayar di seluruh Indonesia yaitu perbankan, dan termasuk Pos Indonesia.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015