Jadi semua keluarga yang kami hubungi sebagian besar telah mengikhlaskan bahwa familinya...yang wafat akibat peristiwa Mina itu dimakamkan di Tanah Suci
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan sebagian besar pihak keluarga korban tragedi Mina telah mengutarakan keikhlasan apabila jenazah korban dimakamkan di Arab Saudi atau tidak dikirim kembali ke Indonesia.

"Kami tidak melihat tuntutan yang besar. Jadi semua keluarga yang kami hubungi sebagian besar telah mengikhlaskan bahwa familinya, sanak saudaranya, kerabatnya yang wafat akibat peristiwa Mina itu dimakamkan di Tanah Suci," kata Lukman di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, kata Lukman, pemerintah tidak dalam keingingan atau upaya untuk memulangkan jenazah anggota jemaah Indonesia. Alasannya, tidak mudah secara teknis untuk memulangkan jemaah dalam kondisi seperti sekarang.

Alasan lainnya, lanjut dia, Arab Saudi memiliki kebiasaan dan kelaziman tradisi bahwa jemaah haji dan umrah yang wafat di Tanah Suci langsung dimakamkan di Haramain.

"Itu dalam kondisi normal, apalagi dalam kondisi peristiwa Mina seperti sekarang," kata dia.

Lukman mengatakan jenazah akibat targedi Mina sebagian sudah dimakamkan. Bahkan sebagian besar yang rampung diidentifikasi telah dimakamkan, termasuk jenazah haji Indonesia. Sementara yang belum dimakamkan adalah yang belum teridentifikasi.

Sementara itu, Lukman mengatakan untuk korban luka-luka anggota jemaah Indonesia dalam tragedi Mina akan segera dipulangkan apabila kondisi fisiknya sudah memungkinkan.

"Sampai saat ini ada sekitar enam orang korban tragedi Mina yang masih di rawat di RS. Tentu akan kami lihat sampai yang bersangkutan betul-betul mampu dipulangkan ke Tanah Air. Selama belum bisa dipulangkan ya tentu harus tetap mendapatkan perawatan yang intensif di RS," katanya.

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015