Kabanjahe, Sumatera Utara (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) Wilayah Operasi Pemasaran I memanfaatkan keberadaan sejumlah swalayan dalam memperluas jangkauan penjualan Bright Gas di Sumatera Utara.

Pejabat PT Pertamina di unit itu, Arifin, di Medan, Minggu, mengatakan, selama ini lokasi penjualan bright gas masih terbatas seperti di SPBU.

Untuk menarik minat masyarakat, mereka menyiapkan sejumlah bonus bagi konsumen jika membeli bright gas di swalayan yang diajak kerja sama itu.

Ia mencontohkan pemberian kupon jika membeli bright gas di salah satu toko penjualan buah dan pemberian minyak goreng jika dibeli beberapa pusat perbelanjaan di Medan.

Pertamina juga akan memanfaatkan peranan 70 agen gas elpiji 12 kg yang ada di Sumatera Utara untuk memasarkan bright gas hingga ke pemukiman masyarakat.

Pemanfaatan agen-agen gas elpiji 12 kg tersebut diyakini akan memperluas jangkauan pemasaran bright gas karena memiliki jaringan yang permanen.

"Melalui agen-agen itu, bright gas akan ditukar dengan tabung yang lama," katanya.

Menurut dia, mulai Januari hingga akhir September 2015, Pertamina telah berhasil menjual bright gas sebanyak 22.154 tabung di Sumatera Utara.

Sedangkan penjualan bright gas beserta tabung untuk jangka waktu tersebut telah mencapai 2.390 tabung.

Wilayah Operasi Pemarasan I Pertamina saat ini memiliki persediaan bright gas hingga 38.536 tabung untuk dipasarkan di SUmatera Utara dan Aceh.

Jumlah bright gas tersebut akan semakin banyak dengan kedatangan persediaan pada bulan Oktober yang akan didisktribusikan ke seluruh ke agen di Sumatera Utara. "Kami juga akan memesan 50 ribu tabung lagi untuk Batam dan Padang," ujar dia. 

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015