Jayapura (ANTARA News) - BMKG Wilayah V Jayapura menggeluarkan peringatan kepada nelayan di Papua untuk mewaspadai gelombang tinggi terutama di perairan bagian selatan.

Kepala Subdit Pelayanan Jasa BMKG Wilayah V Jayapura Zeth Padama di Jayapura, Rabu, mengakui dari laporan citra satelit terungkap tinggi gelombang di perairan Arafura bagian timur mencapai tinggi empat meter.

Selain itu di kawasan Samudera Pasifik, Papua Barat yakni perairan Raja Ampat-Sorong, Fak Fak, Kaimana, Manokwasi, Teluk Cenderawasih, Agast, Amamapare, Yos Sudarso dan perairan Merauke tinggi gelombang berkisar 2 - 3 meter.

"Kami sangat berharap para nelayan berhati-hati karena gelombang yang relatif tinggi," harap Padama seraya menambahkan wilayah kerja BMKG Wilayah V Jayapura meliputi Provinsi Papua dan Papua Barat.

Ketika ditanya tentang cuaca, Padama menjelaskan, angin di atas perairan utara Papua umumnya bertiup dari arah selatan hingga barat dengan kecepatan 05-25 knots.

Kondisi cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas ringan.

Sedangkan angin di atas perairan selatan Papua umumnya bertiup dari arah timur ke barat dengan kecepatan 10-25 knots dan kondisi cuaca berawan hingga hujan dengan intensitas ringan, ujarnya.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015