Tidak ada tambah pasukan, aman kok
Depok (ANTARA News) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal TNI Mulyono mengatakan, situasi Aceh Singkil saat ini sudah mulai kondusif pasca-bentrok warga di Desa Dangguran, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil pada Selasa (13/10)

"Aceh sudah kondusif, aman, sudah diambil langkah-langkah bagi kedua belah pihak, tak boleh emosional. Suatu kejadian siapa sih yang mengharap itu terjadi, tapi sudah sepakat untuk mereka memperbaiki diri semuanya," katanya seusai menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Mewujudkan Sishanta yang Tangguh Melalui Penguatan Peran Binter TNI AD dalam Membantu Menyiapkan Kekuatan Pertahanan Negara di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Kamis.

Meski begitu, ia tetap meminta kedua pihak yang bertikai tidak emosional.

Mulyono menambahkan, TNI ikut memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada dua belah pihak. TNI pun akan mengawasi dan bersiaga di lokasi kejadian meski situasinya sudah kondusif.

Mulyono memastikan tidak akan menambah pasukan untuk mengatasi bentrok di Aceh Singkil itu. Menurutnya, kasus tersebut kasuistis dan diperlukan peran pemerintah daerah untuk menanganinya bersama-sama.

"Tidak ada tambah pasukan, aman kok. Itu kan kasuistis karena salah paham di lapangan. Kedua belah pihak introspeksi memperbaiki semuanya, apa peran masing-masing. Pemda bagaimana. pihak lain bagaimana, sudah disepakati enggak ada masalah," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak delapan orang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembakaran gereja yang berbuntut bentrokan antarwarga di Kabupaten Aceh Singkil, Aceh.

"Ada delapan yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Tiga sudah ditahan, lima (masih) DPO," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Agus Rianto, di Jakarta, Kamis.

Ia merinci ketiga tersangka tersebut berinisial S, N dan I. Ketiganya dijadikan tersangka karena diduga melakukan perusakan. "Mereka tersangka perusakan (rumah ibadah)," ujarnya. Ketiga tersangka tersebut telah ditahan di Polres Aceh Singkil.

Sementara Polres Aceh Singkil dengan dibantu Polda Aceh masih mengejar lima orang tersangka lainnya yang saat ini masih buron. "Lima orang lainnya sudah (ditetapkan sebagai) tersangka, tapi masih buron," ucapnya.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015