Washington (ANTARA News) - Hampir 16 juta orang menyaksikan debat pertama calon presiden dari kubu Demokrat untuk Pemilu Presiden AS 2016. Angka ini adalah rekor tersendiri, namun masih kalah banyak delapan juta orang dari debat pertama calon presiden dari kubu Republik, umum Nielsen seperti dikutip AFP.

Debat di Las Vegas antara mantan menteri luar negeri Hillary Clinton, pesaing terkuatnya Senator Bernie Sanders, dan tiga pesaing lainnya, melewati perkiraan para pakar media dan analis politik yang memperkirakan pemirsanya hanya satu digit juta saja.

Sekitar 15,8 juta yang menyaksikan debat Selasa malam waktu setempat itu disiarkan oleh CNN, kata Nielsen.

Tapi angka ini masih di bawah debat perdana calon presiden Republik pada 6 Agustus yang disiarkan Fox News yang disaksikan 24 juta orang ketika saat itu Donald
Trump menghadapi sembilan bakal calon presiden lainnya.  Angka 6 Agustus ini disebut sebagai yang terbesar dalam jumlah penonton debat bakal calon presiden AS pada sejarah AS.

CNN menyiarkan debat kedua Republik pada pertengahan September,  yang saat itu disaksikan 23 juta orang, dan disebut audiens terbanyak dalam 30 tahun sejarah CNN.

Sedikit sekali yang memperkirakan debat bakal calon presiden dari kubu Demokrat akan disaksikan banyak orang.  Debat ini sendiri menampilkan Clinton dan Sanders, serta mantan gubernur Maryland Martin O'Malley, mantan senator yang juga veteran marinir Jim Webb, dan Lincoln Chafee yang merupakan mantan gubernur Rhode Island, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015