mudah-mudahan dua hari ke depan TIM SAR dapat membuahkan hasil dalam pencarian tersebut
Medan (ANTARA News) - SAR memperpanjang pencarian helikopter EC-130 PK-BKA dan empat orang penumpang yang masih belum ditemukan sekitar Danau Toba, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

"Perpajangan pencarian tersebut dilaksanakan hinga Selasa (20/10). Dan setelah itu, pencarian dihentikan atau tidak dilanjutkan lagi," kata Kapendam I/Bukit Barisan Kol Inf Enoh Solehuddin kepada Antara, Sabtu.

Menurut dia, perpanjangan pencarian boleh saja dilakukan setelah pencarian selama tujuh hari oleh Tim SAR Gabungan.

"Ini seluruhnya berdasarkan hasil evaluasi Basarnas dan pertemuan dengan personel TNI AD, TNI AL dan Polri," ujar Enoh.

Dia menjelaskan, ketentuan Standar Operasional Prosedur dari Basarnas menyebutkan pencarian korban dan helikopter yang hilang hanya dilakukan selama tujuh hari, setelah itu harus segera dihentikan.

"Tapi kententuan Basarnas itu bisa saja dipertimbangkan demi kepentingan pencarian lanjutan untuk menemukan helikopter terseebut," kata dia.

Kapendam menambahkan, setelah perpanjangan pencarian, Tim SAR dapat bekerja lebih maksimal dan efektif untuk menemukan empat penumpang yang hilang.

"Ya, mudah-mudahan dua hari ke depan TIM SAR dapat membuahkan hasil dalam pencarian tersebut," kata juru bicara Kodam I/BB.

Kodam I/BB mengerahkan 500 prajurit TNI AD dari Batalyon 122/Tombak Sakti, Batalyon 125/Simbisa, Batalyon 123/Rajawali, Kodim 0210/Tapanuli Utara, Korem 023/Kawal Samudera, dan Kodim 0207/ Simalungun Korem 022/Pantai Timur.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015