Kalau di industri tidak bisa langsung seperti dagang. Tentu ini bertahap"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengakui bahwa dampak paket deregulasi kebijakan ekonomi tak langsung terasa terhadap industri, karena membutuhkan waktu.

"Kalau di industri tidak bisa langsung seperti dagang. Tentu ini bertahap," kata Menperin Saleh Husin di Jakarta, Senin.

Saleh mencontohkan, paket deregulasi yang berupaya menurunkan harga energi seperti listrik, gas dan solar misalnya, lambat laun akan terasa pada ongkos produksi beberapa bulan setelah diterapkan.

Selain itu, lanjut Saleh, paket deregulasi yang terkait pengupahan buruh juga membutuhkan waktu untuk dapat dirasakan perusahaan.

Namun, tambahnya, terdapat beberapa industri yang memang dapat langsung merasakan dampaknya dan ada pula yang membutuhkan waktu panjang.

"Kalau seperti industri yang padat modal itu memang lama. Mereka saja balik modalnya lama. Sedangkan yang langsung terasa itu seperti industri padat karya," ujar Saleh.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan tiga paket kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk mendongkrak perekonomian Indonesia.

Paket ini juga bertujuan menyikapi perkembangan ekonomi dunia yang berdampak terhadap perekonomian banyak negara termasuk Indonesia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015