Siapa tahu saja dengan dibangunnya RPTRA ini, nantinya ada anak-anak yang jadi presiden atau orang-orang profesional di masa depan
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama melakukan peresmian Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cililitan yang berlokasi di gang Jalan Buluh RT 10/16, Jakarta Timur.

"Sama seperti RPTRA lainnya, RPTRA Cililitan ini dibangun melalui program sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR)," kata Basuki saat peresmian RPTRA Cililitan di Jakarta Timur, Kamis.

Dengan dibangunnya RPTRA tersebut, mantan Bupati Belitung itu berharap akan lahir anak-anak dengan masa depan cerah, profesional serta mampu menjadi pemimpin bangsa.

"Siapa tahu saja dengan dibangunnya RPTRA ini, nantinya ada anak-anak yang jadi presiden atau orang-orang profesional di masa depan. Maka dari itu, RPTRA di Jakarta harus diperbanyak," ujar Basuki.

Lebih lanjut, dia pun menginginkan agar RPTRA tersebut dapat mencerminkan ciri khas bangsa Indonesia yang mengutamakan musyawarah mufakat dan saling bergotong royong.

"Musyawarah dan gotong royong merupakan ciri khas bangsa kita. Oleh karena itu, di RPTRA ini, warga harus saling memperhatikan, saling berbagi dan saling gotong royong. Inilah fungsinya RPTRA, sebagai wadah interaksi warga," tutur Basuki.

RPTRA Cililitan dibangun di atas lahan seluas 3.600 meter persegi. RPTRA tersebut dilengkapi dengan lapangan futsal, jogging track, ampitheater, perpustakaan, kolam ikan, ruang konseling keluarga, ruang laktasi dan taman bermain.

RPTRA Cililitan dibangun di atas lahan bekas area parkir mobil dan tempat bermain anak. Setiap hari, RPTRA tersebut dibuka untuk umum mulai dari pukul 06.00 sampai 22.00 WIB.

Seperti diketahui, sebelumnya Gubernur DKI Jakarta telah meresmikan beberapa RPTRA di wilayah Ibu Kota, antara lain RPTRA Sungai Bambu Utara, RPTRA Gandaria, RPTRA Cideng, RPTRA Kembangan Selatan dan RPTRA Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu. 

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015