Meulaboh, Aceh (ANTARA News) - Tiga penerbangan maskapai penerbangan menuju Bandara Cut Nyak Dhien, di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh, dibatalkan akibat terganggu jarak pandang yang sudah di bawah 3.000 meter.

Kepala Bandara Cut Nyak Dhien Juli Mujiono yang dihubunggi di Nagan Raya, Senin mengatakan bahwa ketebalan asap terjadi sejak Senin pagi tersebut merupakan asap kiriman dari adanya kebakaran lahan dan hutan di wilayah Sumatera.

"Hari ini penerbangan ada sekitar tiga yang ditunda baik dari Bandara International Kualanamun menuju Cut Nyak Dhin satu kali dan dua kali penerbangan Susi Air dari Simeulue ke Cut Nyak Dhien,"katanya.

Kabut asap tebal akibat kebakaran lahan dan hutan di wilayah Sumatera meluas ke wilayah barat selatan Aceh, sejak Senin (26/10) pagi, masyarakat di seputar Meulaboh mengaku sudah sangat merasakan dampak tersebut.

"Saat hendak menuju ke kantor tadi pagi kabut asapnya sangat pekat, jarak pandang cukup dekat saat berada diatas jembatan besi (jembes). Tapi begitu siang kabutnya semakin kelihatan tebal terutama kawasan kota,"kata Safrial salah seorang pegawai sekdakab Aceh Barat.

Kondisi cuaca di kawasan Meulaboh Kabupaten Aceh Barat dan Nagan Raya terlihat cerah berawan memicu semakin mempergelap jarak pandang masyarakat pengendara sepeda motor maupun kendaraan roda empat.

Meski demikian hasil penelusuran data dari pihak medis rumah sakit pemda setempat dari instansi terkait belum ditemukan adanya korban kabut asap seperti menderita penyakit inspeksi nganguan pernafasan atas.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015