Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Administrasi Negara (LAN), menganugerahkan Penghargaan Inovasi Administrasi Negara (Inagara Award) kepada enam pemimpin daerah yang berkomitmen tinggi terhadap proyek perubahan pendidikan dan latihan administrasi negara.

Penghargaan diberikan pada acara Temu Inovasi Administrasi Negara (Temu Inagara) pertama di Gedung LAN, Jakarta, Rabu, yang juga dihadiri oleh Mensesneg Pratikno.

Enam kepala daerah itu adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyanto, dan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto.

Selain itu empat pemimpin daerah mendapat penghargaan karena mendukung laboratorium inovasi. Mereka adalah Bupati Majalengka Sutrisno, Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar, Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti dan Bupati Ciamis Iing Syam Arifin.

Forum Inagara adalah upaya LAN dalam rangka menumbuhkembangkan inovasi administrasi negara di kementerian, lembaga dan pemerintah daerah sehingga inovasi menjadi agenda prioritas.

Mensesneg Pratikno dalam sambutannya mengatakan inovasi akan tumbuh di tempat-tempat yang subur. Untuk itu ia meminta para pimpinan lembaga/instansi untuk membuka ruang atau budaya bagi bawahannya melakukan inovasi.

Jika perlu anak buah yang melakukan inovasi yang baik diberikan penghargaan.

"Pemimpin jangan halangi anak buah untuk tumbuh dan melakukan inovasi," katanya.

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2015