Jambi (ANTARA News) - Komisi V DPR RI dijadwalkan memantau pembangunan infrastruktur yang mengunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di Jambi (2/11).

Anggota Komisi V DPR RI Dapil Jambi HA Bakri yang dihubungi dari Jambi, Minggu, mengatakan rombongan yang berkunjung ke Jambi sekitar 20 anggota. Dijadwalkan pukul 08.00 WIB (2/11) mendarat di Bandara Jambi.

"Kunjungan akan dilakukan selama dua hari. Dan agenda yang akan dilakukan adalah mengunjungi lokasi-lokasi pembangunan dana APBN di kota dan kabupaten di Provinsi Jambi," kata Bakri.

Beberapa di antaranya adalah meninjau pembangunan Bandara Sulthan Thaha Jambi, penanggulangan banjir di Provinsi Jambi, meninjau penataan Pulau Pandan, Pelabuhan Ujung Jabung dan jalan-jalan nasional yang ada di Provinsi Jambi.

"Kami juga akan tinjau pembangunan asrama di sejumlah pesantren. Kemudian ada pertemuan di Rumah Dinas Gubernur Jambi. Pihak Pemprov akan ekspos pembangunan di Provinsi Jambi," katanya.

Bakri mengatakan kunjungan ini untuk menjalankan fungsi Komisi V DPR RI terkait dengan pembangunan infrastruktur di daerah dengan menggunakan APBN. Seluruh kegiatan, akan diambil sampelnya dan akan dijadikan bahan diskusi di pusat nanti.

Disinggung mengenai tindaklanjut di Komisi V nanti setelah peninjauan, Bakri mengatakan pihaknya akan menggunakan fungsinya lagi. Yakni jika memungkinkan, pada APBN 2016 nanti beberapa pembangunan infrakstruktur di Provinsi Jambi bisa kembali dibiayai dengan APBN.

Peninjauan katanya juga sebagai wujud dari fungsi pengawasan, untuk memastikan apakah proyek dikerjakan secara baik, sesuai dengan standar atau tidak, atau sudah sesuai target.

"Sekarang kan sedang bahas RUU Jasa Konstruksi, ini juga bisa menjadi masukan dalam pembuatan RUU itu," katanya. 

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015