Istanbul (ANTARA News) - Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Turki bersiap mengomandani pemerintahan satu partai setelah mendapat mandat besar usai pemilu sela yang malah memperkuat kekuasaan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

AKP didirikan oleh Erdogan 14 tahun silam kembali menjadi pemilik mayoritas parlemen setelah lima bulan lalu tergerus.

Erdogan menyebut kemenangan partainya memesankan bahwa rakyat Turki telah memilih stabilitas menyusul meledaknya lagi konflik dengan Kurdi dan ISIS sejak pemilu Juni lalu.

Harga saham dan mata uang lira serentak menguat menyambut kemenangan ini yang juga mengakhiri ketidakmenentuan politik selama lima bulan, namun banyak yang khawatir pada masa depan negara di bawah AKP yang lebih berkuasa.

"Keinginan bangsa telah menunjukkan dirinya dengan mendukung stabilitas," kata Erdogan kepada para pendukung di sebuah mesjid di Istanbul.

Dia menyeru rakyat Turki untuk tetap bersatu dan menyatakan seluruh dunia harus menghormati hasil Pemilu ini.

AKP memenangi hampir separuh suara untuk mengamankan 316 kursi di parlemen yang total beranggotakan 550 wakil rakyat. Kepastian ini diperoleh berdasarkan hasil perhitungan tidak resmi terakhir. Dan ini memuluskan pembentukan pemerintahan satu partai, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015