Jakarta (ANTARA News) - UC Browser, browser mobile andalan dari UCWeb, perusahaan Alibaba Group, menjadi browser mobile nomor dua paling populer di dunia.

Sementara pangsa pasar yang diraih sebesar 16,82 persen, menurut StatCounter, sebuah layanan analisa independen untuk lalu lintas web.

"Selain pencapaian posisi tinggi di pasar lokal kami di China, pertumbuhan di luar negeri secara signifikan telah menyumbang pencapaian UC Browser untuk menjadi browser mobile nomor dua di dunia," kata President Alibaba Mobile Business Goup YU Yongfu, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA News di Jakarta, Senin.

"Dengan menyediakan sebuah gerbang browser mobile satu-pintu, UC Browser menjadikan layanan-layanan mobile lebih mudah diakses, membantu meningkatkan dan membentuk-ulang gaya hidup mobile dari para pengguna kami di seluruh dunia. Kami akan terus menjangkau para pengguna baru lewat upaya-upaya unik dalam lokalisasi dan personalisasi," tambahnya.

Pencapaian terbaru tersebut diraih bersamaan dengan peningkatan yang konsisten di pasar-pasar luar negeri, misalnya dengan lebih dari setengah pangsa pasar browser mobile (51,9%, StatCounter) untuk bulan September di India dan pangsa pasar 42,1% (StatCounter) untuk bulan yang sama di Indonesia, negara kedua dan ketiga dengan populasi paling besar di Asia.

UCWeb juga mencapai posisi nomor satu di Pakistan (31,7%, September 2015, StatCounter) dan juga meraih kinerja yang membanggakan di negara-negara lain.

Kekuatan UC Browser terletak pada teknologi unik browsing yang diperkuat cloud, yang memampatkan data hingga 60%, mampu memampatkan halaman untuk memuat halaman lebih cepat dan menghemat data, juga dengan konten lokal yang disesuaikan dengan tiap-tiap negara.

 Lokalisasi yang mendalam dan kemitraan kuat dengan para penyedia konten telah mendorong unduhan dan penggunaan browser ini. Desember tahun lalu, UC Browser telah melewati titik 100 juta pengguna aktif harian (DAU – daily active user), memposisikannya sejajar dengan kelompok aplikasi elit seperti Facebook, Twitter, YouTube, dan lain-lain.

Di awal bulan ini, UCWeb telah meluncurkan UC Browser 10.7 untuk Android – memberikan pengguna kebebasan sepenuhnya untuk mengatur cara mereka menemukan dan mengakses konten web.

Pewarta: Monalisa
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015