Banjarmasi, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, ingin meniru pengelolaan lingkungan Kota Surabaya, Jawa Timur, hingga bisa menjadi indah bersih, rindang, dan asri.

Guna mewujudkan sejumlah staf pemerintahan Kota Banjarmasin dari berbagai instansi dan jurnalis, berkunjung ke Surabaya.  

Kepala Bagian Humas Kota Banjarmasing, Kurnadiansyah, Minggu, menyatakan, di antara yang ditinjau adalah komplek pemukiman penduduk Desa Gundih Kecamatan Bubuhan yang pernah meraih juara lomba Bersih dan Hijau, saat Surabaya dipimpin Risma.

Dalam kesempatan tersebut, rombongan disambut pengurus kelurahan dan para kader lingkungan yang kemudian menuturkan perjuangan panjang yang memotivasi warga sehingga sadar dan bersedia diajak untuk menciptakan lingkungan yang bersih, indah, rindang, asri dan sehat.

Salah satu kuncinya adalah keberhasilan mereka mengelola sampah melalui bank sampah hingga memberikan penghasilan tambahan warga, berhasil mengelola air limbah melalui sistem filterasi hingga bisa digunakan untuk mandi, cuci dan menyiram tanaman.

Seorang kader lingkungan Kampung Gundih, Rudi Cahyono, menuturkan, ada sekitar 10 RW yang dilibatkan dalam program itu. 

Kepala BLHD Banjarmasin, Hamdi, menyebutkan tak sulit untuk menciptakan kota Banjarmasin serupa dengan Kota Surabaya, asalkan ada komitmen bersama antara masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan itu. 

Pewarta: Hasan Zainuddin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015