Bantul (ANTARA News) - Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat RI mengunjungi lokasi proyek pengembangan pembangkit listrik tenaga bayu di kawasan pantai selatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa.

"Kami ke sini untuk mengetahui dan ingin melihat secara langsung bagaimana kondisinya terkait kesiapan dan segala macamnya," kata Ketua Komisi VII DPR RI Kardaya Warnika di sela berkunjung ke Pantai Gua Cemara, Bantul, Selasa.

Menurut dia, peninjauan rombongan Komisi VII DPR RI ke pantai selatan Bantul ini terkait proyek pengembangan energi baru terbarukan yang sudah dirintis sejak beberapa tahun lalu oleh pemerintah pusat dengan menggandeng investor.

"Rencana proyek pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) sudah dirintis sejak 2012 bahkan sudah ada MoU, kemudian beberapa bulan lalu sudah dilaunching rogram 35.000 megawatt oleh Presiden Jokowi," kata Kardaya.

Oleh sebab itu, kata dia, Komisi yang salah satunya membidangi energi ini memberikan dukungan terhadap rencana pembangunan PLTB berupa turbin-turbin raksasa yang memanfaatkan tenaga angin di pantai selatan.

"Jangan sampai kami hanya mendapatkan informasinya saja, karena kami juga ingin melihat realisasinya, persiapan sudah dilaksanakan apa belum, apalagi juga ada pembangunan jalan baru (jalur jalan lintas selatan)," katanya.

Menurut dia, pengembangan PLTB oleh investor asal Amerika Serikat (AS) ini merupakan proyek yang sangat bagus bagi negara dan rakyat Indonesia khususnya masyarakat Yogyakarta termasuk Kabupaten Bantul.

"Karena ini mengambil sumber energi yang tidak bayar, sehingga ini yang harus kita manfaatkan ke depan, karena kalau pakai sumber lain, misalnya batu bara lama-kelamaan habis juga," katanya.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015