Pemerintah perlu waspada dan melakukan pencegahan supaya ini tidak terjadi di Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyesalkan terjadinya serangkaian serangan terencana yang terjadi di sekitar Paris, Prancis pada Jumat waktu setempat.

"Kami mengucapkan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga yang meninggal dan bagi korban luka semoga segera sehat kembali," kata Wakil Ketua Komnas HAM Siti Noor Laila di Jakarta pada Minggu.

Siti menyampaikan penyesalannya atas insiden yang menimpa enam lokasi mulai dari kedai pizza hingga stadion sepak bola tersebut.

"Kami menyesalkan dan mengecam tindak-tindak kekerasan yang terjadi karena tidak sesuai dengan nilai-nilai universal hak asasi manusia yakni hak atas rasa aman, hak atas hidup dan hak terbebas dari kekerasan," katanya.

Pemerintah diimbau agar segera mengambil tindakan pencegahan agar Indonesia tidak terkena dampak dari insiden yang berpotensi dikaitkan dengan isu agama tersebut.

"Pemerintah perlu waspada dan melakukan pencegahan supaya ini tidak terjadi di Indonesia. Intelijen kita harus bekerja baik dan efektif untuk menanggulangi ini," pungkasnya.

Serangkaian serangan terjadi di sekitar Paris Jumat waktu setempat. Serangan tersebut menarget enam titik. Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan bersenjata yang menewaskan sedikit 153 orang itu.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015