Praha (ANTARA News) - Maria Sharapova membawa Rusia hanya terpaut satu angka lagi untuk memenangi Piala Fed setelah bangkit dari tertinggal satu set, ketika mengalahkan mengalahkan Petra Kvitova pada "rubber" final di Praha pada Minggu.

Pada pertarungan antara kedua petenis nomor satu dari kedua tim, Sharapova, peringkat keempat dunia, mengalahkan petenis peringkat keenam dunia Kvitova, dengan skor 3-6, 6-4, 6-2 pada pertandingan yang berlangsung selama dua setengah jam.

Karolina Pliskova kini akan berhadapan dengan Anastasia Pavlyuchenkova pada rubber kedua hari ini di lapangan keras di O2 Arena Praha.

Kvitova memiliki rekor head to head 4-6 dengan Sharapova sebelum pertandingan rubber Minggu, setelah memenangi pertandingan mereka sebelumnya di semifinal WTA Tour Finals bulan lalu, ketika Sharapova kembali dari empat bulan absen karena masalah-masalah pada kaki dan lengannya.

Mendapat dukungan hangat dari publik tuan rumah, Kvitova mematahkan serve Sharapova pada game satu dan membuat lawannya terus tertekan dengan pengembalian-pengembalian bolanya, memenangi set dengan break lainnya ketika pukulan voli Sharapova mengenai net.

Memainkan pertandingan Piala Fed kelimanya, Sharapova, juara Grand Slam sebanyak lima kali, mendapatkan momentum pada set kedua ketika Kvitova (25) terlihat kehilangan konsentrasi.

Sharapova (28) menyia-nyiakan dua break point pada game satu, namun memaksimalkan break point berikutnya pada empat game selanjutnya.

Kvitova, petenis kidal yang menjuarai Wimbledon 2011 dan 2014, tiba-tiba mematahkan servenya untuk membuat kedudukan "love," kemudian mengalihkan dua break point pada game tujuh yang dramatis sebelum kembali kehilangan serve pada game sembilan, yang sudah cukup bagi Sharapova untuk memenangi set dalam waktu lebih dari satu jam.

Pada set penentuan, Sharapova mematahkan serve lawannya untuk melaju 3-2 pada dua pukulan backhand beruntun Kvitova yang mengenai net, kemudian kembali mematahkan serve lawannya untuk memastikan kemenangan ketika Kvitova melakukan sejumlah kesalahan.

Pada Sabtu, Kvitova bangkit dari tertinggal satu set untuk mengalahkan Pavlyuchenkova dengan skor 2-6, 6-1, 6-1, dan Sharapova kemudian memenangi pertemuan perdananya dengan Pliskova dengan skor 6-3, 6-4, 6-4 untuk membuat Rusia menyamakan kedudukan.

Jika skor terkunci 2-2 setelah pertandingan-pertandingan kategori tunggal pada Minggu, pasangan petenis Ceko Lucie Safarova dan Barbora Strycova akan bermain melawan Ekaterina Makarova dan Elena Vesnina pada final rubber kategori ganda.

Ceko mengincar gelar keempat mereka dalam lima tahun dan yang kesembilan secara keseluruhan, termasuk lima gelar saat masih menjadi negara Cekoslovakia yang kemudian terbelah menjadi Republik Ceko dan Slovakia pada 1993.

Rusia, yang memiliki rekor head to head 2-3 dengan Ceko -- termasuk tiga pertandingan antara mantan negara Cekoslovakia dan Uni Soviet -- sejauh ini telah memenangi empat gelar, demikian AFP melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015