Jakarta (ANTARA News) - 24 tim dari media cetak dan elektronik di Indonesia meramaikan Sinar Mas Land Journalist Basketball Tournament 2015 yang berlangsung di Lapangan Basket The Breeze, BSD City.

Ke-24 tim ini bersaing untuk memperebutkan total hadiah 80 juta rupiah dalam turnamen yang akan dipandu secara teknis oleh Jusraga (Jusraga) serta pengurus Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) ini. 

"Tahun ini kami mencoba memindahkan lokasi pertandingan. Kalau sebelumnya di Kuningan sekarang di Tangerang. Tahun lalu kami belum memiliki lapangan basket yang representatif. Tapi sekarang Sinar Mas Land sudah memilikinya di area proyek terbesar kami BSD City. Kami ingin pertandingan digelar di The Breeze, salah satu tujuannya juga untuk mengenalkan BSD City kepada teman-teman media,” kata Panji Himawan Head of Corporate Communication Sinar Mas Land dalam keteranganya, Minggu.

Turnamen ini menggunakan sistem setengah kompetisi, dimana para peserta akan terbagi menjadi 8 grup, dan juara grup akan melaju ke babak penyisihan yang memakai sistem gugur. 

Peraturan dalam setiap pertandingan di turnamen ini akan mengikuti peraturan standar pertandingan basket FIBA. Total hadiah yang diperebutkan dalan turnamen ini berjumlah 80 juta rupiah. Sinar Mas Land juga menyediakan piala bergilir dan trofi juara bagi pemenang.Selain itu terdapat lomba tembakan 3 angka (3 point contest) dan akan dipilih pemain terbaik dari laga final untuk menjadi MVP Tournament

Pertandingan perdana, Minggu, Sebanyak 16 tim media turun bertanding di Lapangan Basket The Breeze, BSD City. Tim Trans 7 yang tertinggal pada tiga kuarter awal menyalip pada kuarter pamungkas untuk mengalahkan RCTI pada laga Grup 3. 

RCTI memimpin 11-4 pada kuarter pertama dan tetap mempertahankan keunggulan pada halftime dengan skor 15-7. Tim dari Kebon Jeruk ini juga masih mampu mengatasi Trans 7 21-14 pada akhir kuarter ketiga.
Kondisi berbalik pada kuarter keempat. Trans 7 mencetak 18 poin dan hanya kemasukan 9 angka untuk menutup laga dengan kemenangan tipis 32-30.

Pertandingan kedua dari Grup 7, Mahaka Media menang melawan Detik.com dengan skor 34-23. Sementara juara bertahan, tim Trans TV tanpa banyak kesulitan mengatasi perlawanan RTV pada laga Grup 1 dengan hasil akhir 59-33. 

Tim debutan CNN Indonesia nyaris membuat kejutan namun harus mengakui keunggulan Metro TV 21-39. Dari Grup 8, Tim Jawa Pos News Network (JPNN) tak mengalami kesulitan saat menghadapi tim debutan Indika Grup. JPNN menang telak 38-11.

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015