Glenn Fredly dorong pembangunan sekolah musik di Ambon

Glenn Fredly dorong pembangunan sekolah musik di Ambon

Glenn Fredly (ANTARA FOTO/Embong Salampessy)

Saya akan bekerjasama dengan Yamaha musik untuk membangun sekolah musik di Ambon. Saya belum bisa berjanji kapan terealisasi tetapi saya akan berupaya."
Ambon (ANTARA News) - Musisi asal Maluku Glenn Fredly berupaya mendorong pembangunan sekolah musik guna mengembangkan potensi generasi muda di kota Ambon, provinsi Maluku.

"Saya akan bekerjasama dengan Yamaha musik untuk membangun sekolah musik di Ambon. Saya belum bisa berjanji kapan terealisasi tetapi saya akan berupaya," kata Glenn Fredly di Ambon, Rabu.

Menurut dia, dirinya terpilih menjadi brand ambassador yamaha musik Indonesia sekaligus ditunjuk untuk menyebarkan pesan damai musik di Indonesia.

"Terpilihnya saya menjadi duta yamaha musik Indonesia membuat saya harus melakukan sesuatu yang terbaik untuk pengembangan musik Indonesia, termasuk berupaya untuk membangun kerjasama membangun sekolah musik di Ambon," katanya.

Penyanyi yang telah meraih lima platinum album menyatakan, dirinya akan berupaya menjadi "pengumpul" untuk melihat langsung potensi bermusik generasi muda Ambon.

Konser musik merupakan langkah awal untuk mengumpulkan sekaligus melihat langsung potensi seni musik generasi muda, yang selama ini belum terasa dengan baik tetapi memiliki potensi alam yang luar biasa tanpa mengikuti pelatihan atau sekolah khusus.

"Pendidikan formal memang penting untuk menciptakan generasi yang pandai bidang seni, tetapi bakat alam juga menjadi salah satu faktor penentu dan anak muda Ambon memiliki hal itu," ujarnya.

Ia menyatakan, sekolah musik harus menjadi perhatian bersama bukan pemerintah provinsi atau kota tetapi seluruh stakeholder.

Maluku lanjutnya, jangan hanya terkenal sebagai ladang penyanyi, tapi harus punya sekolah musik sehingga generasi muda di sini tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta atau bahkan Amerika Serikat untuk belajar.

"Jika perlu pendidikan musik diprogramkan untuk menjadi kurikulum muatan lokal sekolah di provinsi seribu pulau ini, karena anak-anak Maluku punya potensi seni budaya yang kuat," katanya.

Glenn menegaskan, Maluku kaya dan memiliki kekuatan seni budaya yang mampu bersaing dengan daerah bahkan negara lain di dunia di era globalisasi.

"Saat ini kekuatan seni budaya harus menjadi garda terdepan untuk menyampaikan misi perdamaian serta memberikan perubahan perkembangan musik di Maluku," katanya.

Pewarta: Penina Mayaut
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Komentar