JK: donor darah sumbangan kemanusiaan termulia

JK: donor darah sumbangan kemanusiaan termulia

Wapres Jusuf Kalla (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

Surabaya (ANTARA News) - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan donor darah merupakan sumbangan kemanusiaan termulia untuk kehidupan.

"Sumbangan donor darah saudara-saudara sekalian selama hampir 20 tahun kepada kemanusiaan telah memberikan penghidupan luar biasa untuk banyak orang," kata JK dalam sambutannya saat menghadiri pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Timur di Surabaya pada Senin.

Dalam acara tersebut, JK yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PMI menyaksikan penyerahan Piagam Penghargaan dan Satya Lancana kepada sekitar 20 orang donor darah 75 kali.

Menurut JK, pengabdian masyarakat yang telah mendonorkan darahnya dapat membantu kehidupan manusia.

"Artinya apabila saudara-saudara sudah mendonasikan darahnya 75 kali setidaknya saudara telah memberikan darah 25 liter yang bersih dari tubuh saudara untuk saudara kita yang lain," tegas JK.

Wapres menjelaskan darah merupakan kebutuhan berharga yang hanya dapat dipenuhi melalui sumbangan antara manusia.

"Karena benda lain dapat dibeli dari luar. Tapi darah tidak mungkin dibeli di toko pabrik, apotik,hanya dr manusia ke manusia," jelas JK.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi Jawa Timur Imam Utomo mengatakan jumlah donor darah sukarela 75 kali adalah sebanyak 500 orang yang berasal dr 34 unit transfusi darah dimana 224 dari Surabaya, 24 orang dari Malang, 14 orang dari Kediri dan 21 dari Sidorajo dan sisanya dari masing-masing kabupaten di Jawa Timur.

Imam menambahkan untuk jumlah donor darah sukarela 100 kali pada 2015 tercatat sebanyak 423 orang dari 31 unit transfusi darah di Jawa Timur.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2015

Friday Talk - Kesadaran donor plasma konvalesen dan kemampuan melawan COVID-19 (bagian 1 dari 3)

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar