Manokwari (ANTARA News) - Mabes Polri akan meningkatkan persenjataan Kepolisian Daerah Papua Barat untuk mendukung pengamanan Pemilihan Kepala Daerah serentak 9 Desember mendatang.

Wakapolri,Komjen Pol Budi Gunawan, di Manokwari, Rabu, mengatakan, selain persenjataan, Mabes Polri pun akan membantu peralatan lainya.

"Akan segera kita cukupi, lusa sudah mulai didistribusi, baik untuk perlengkapan Dalmas, persenjataan serta perlengkapan lainya," kata Budi gunawan di halaman Mapolda Papua Barat.

Ia mengatakan Mabes siap membackup seluruh kekurangan Polda Papua Barat. Menurutnya, perlengkapan Polda baru ini masih kurang, baik perlengkapan perseorangan maupun satuan.

Ia juga melihat, sesuai susunan personil (SSP), jumlah personil Polda Papua Barat, masih kurang. Untuk itu, perlu ada penambahan secara bertahap.

Budi menyebutkan, kunjunganya itu untuk mengecek persiapan Polda dalam melakukan pengaman Pilkada di daerah ini.

"Polda Papua Barat ini masih baru, kurang lebih baru satu tahun. Untuk itu perlu cek, sejuahmana persiapannya," kata dia menambahkan.

Terpisah, Kepala Satuan Brigade Mobil Polda Papua Barat, Kombes Pol Heri Heriandi, mengatakan, ia akan memberangkatkan personilnya untuk menjemput senjata dari Mabes Polri, Kamis (3/12.

Dia mengakui, persenjataan Polda Papua Barat masih cukup kurang, termasuk satuanya. Sehingga, bantuan senjata dari Mabes ini akan sangat membantu.

"Menyangkut pengamanan Pilkada, jumlah personil Brimob Polda sebanyak, 505 personil, sementara persenjataan kita hanya 302," sebut Heriandi.

Pewarta: Toyiban
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015