Manado (ANTARA News) - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengatakan ada tiga tarian Bali Indonesia akan dikukuhkan sebagai warisan budaya tak benda Unesco.

"Saya menerima laporan ada tiga tarian Bali yang akan dikukuhkan, tetapi sekarang dalam sidang pembahasan di Nambia," kata Puan Maharani, usai pembukaan masa adventus Natal PDIP Sulawesi Utara, di Manado, Rabu malam.

Puan mengatakan, memang tiga tarian Bali masuk dalam urutan ke-18 untuk dibahas dari 35 negara, dan diharapkan bisa dikukuhkan sebagai warisan budaya tak benda Unesco paling lambat 3 Desember 2015.

Memang dia mengakui hingga Rabu malam, belum mengumumkan secara resmi pengukuhan tersebut karena pihaknya masih menunggu laporan dari Duta Besar Indonesia di Nambia mengenai hasil pembahasannya.

Namun menurut Puan, hal tersebut merupakan suatu prestasi bagi Indonesia, karena ada tiga tarian Bali akan masuk sebagai warisan budaya tak benda Unesco.

"Tiga jenis tarian Bali yang akan dikukuhkan tersebut adalah sakral, semi sakral dan biasa," katanya.

Dia mengatakan, Indonesia dengan tarian Bali tersebut bisa diakui sebagai salah satu yang memiliki warisan budaya tak benda, disamping yang sudah ada yakni angklung, batik dan lainnya.

Dia mengatakan, jika sudah dibahas dan dikukuhkan secara resmi, maka Kemenko PMK akan mengumumkan secara resmi kepada masyarakat luas mengenai hal tersebut, karena merupakan kebanggaan bagi Indonesia.

Pewarta: Joyce Bukarakombang
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015