Jakarta (ANTARA News) - Membangkitkan kesadaran anak mencintai lingkungan bisa juga dilakukan melalui cara-cara sederhana, salah satunya dengan bersepeda mengelilingi kampung seperti yang dilakukan penyanyi sekaligus aktivis peduli lingkungan, Nugie. 

"Saya seorang ayah dari dua krucil (anak), setiap sore sekitar jam 4 sore, saya mengajak anak-anak bersepeda, keliling kampung," kata Nugie di Jakarta, Jumat. 

Menurut dia, melalui aktivitas ini, anak-anak setidaknya bisa melihat perilaku warga sekitar pada lingkungannya, semisal dalam penggunaan air sungai, membakar sampah, dan lainnya. 

Di situlah, kata Nugie, anak-anak bisa belajar memahami mana perilaku yang semestinya dilakukan dan kondisi ini perlahan akan memunculkan kesadaran mereka untuk mencintai lingkungan. 

"Buat saya lebih mudah meresap bagi anak, jika kita memberikan pengalaman pada anak," tutur pria berkacamata itu. 

Selain berkeliling kampung, Nugie juga ke depannya akan membiasakan kegiatan berkebun pada anak-anaknya. "Saya ajak anak-anak berkebun, menanam bayam, kangkung. Kita sama-sama melakukan. Dampaknya, mereka enggak akan heran lagi saat memegang tanah," pungkas dia.

Pewarta: Lia Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015