Saya dulu empat tahun berkarir di PN Bangkinang."
Pekanbaru (ANTARA News) - Hakim Sarpin Rizaldi resmi menjabat sebagai hakim tinggi di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru setelah mantan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tersebut dilantik pada Jumat.

Sarpin, yang sebelumnya di promosikan menjadi hakim tinggi oleh Tim Promosi dan Mutasi Mahkamah Agung, dilantik langsung di Gedung PT Pekanbaru yang dipimpin langsung Ketua PT Pekanbaru Yohannes Ether, dan dihadiri oleh seluruh hakim tinggi dan Ketua Pengadilan Negeri di Riau.

Sarpin yang ditemui wartawan seusai pelantikan mengatakan bahwa Riau tidaklah asing baginya karena 10 tahun lalu pernah berkarir di Riau.

"Saya dulu empat tahun berkarir di PN Bangkinang," katanya.

Dia menjelaskan, pada 2001--2003 pernah menjabatsebagai Wakil Ketua PN Bangkinang dan periode 2003--2005 naik jabatan sebagai Ketua PN Bangkinang.

Bahkan, ia menyatakan, selama empat tahun menjabat, dirinya mendirikan dua Pengadilan Negeri, yakni Pengadilan Negeri Pasir Pangaraian dan Pengadilan Negeri Pelalawan.

"Dulu menjadi satu wilayah hukum. Semua masih ikut Kampar. Pada zaman saya yang merintis pendirian dua PN. Seingat saya Pasir Pangaraian dulu pada saat itu," ujarnya.

Dia mengakau tidak menghiraukan beragam pro dan kontra yang menerpa diirinya karena akan tetap bekerja sebaik mungkin demi keadilan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan dan tujuan hukum itu sendiri.

Saat ini terdapat 26 hakim tinggi di PT Pekanbaru, termasuk ketua dan wakil ketua.

Selain Sarpin, PT Pekanbaru turut menerima mutasi seorang hakim tinggi lainnya dari PT Bangka Belitung.

Namun, Humas PT Pekanbaru Ahmad Sukandar mengatakan bahwa pada pelantikan hari ini, PT Pekanbaru hanya melantik Sarpin lantaran yang bersangkutan telah melapor beberapa waktu lalu.

Sementara itu, hakim yang berasal dari PT Bangka Belitung belum melapor.

PT Pekanbaru, dikemukakannya, memiliki seorang hakim tinggi yang dimutasi ke PT Medan, Sumatera Utara, yakni Hakim Dasnil.

Sukandar menjelaskan, hakim Sarpin nantinya akan menjadi hakim anggota

"Jadi, nanti PT Pekanbaru bakal punya 27 hakim anggota, termasuk ketua dan wakil ketua," ujarnya menambahkan.

Pewarta: Fazar Muhardi & Anggi Romadhoni
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015