Jakarta (ANTARA News) - ASEAN Business and Economics Student Association (ABESA) bersama Kairos ASEAN menyelenggarakan The College Startup Lab, sebuah startup bootcamp intensif selama 3 hari 2 malam, bertujuan mengajarkan para mahasiswa tentang kerangka berpikir yang tepat dalam membuat startup.

The College Startup Lab yang diadakan pada Jumat-Minggu, 4-6 Desember 2015 di Hotel Amazing Koetaradja, Cikini, Jakarta Pusat ini mengadaptasi kerangka berpikir design thinking dari Stanford University Institute of Design sebagai kurikulumnya.

"Akhir-akhir ini banyak sekali talkshow startup yang menginspirasi, tetapi bukan seminar teknis pembuatan startup. Baru dimulai tahun ini dengan persiapan singkat 3 bulan, kami ingin memberikan pembelajaran intensif untuk mahasiswa," kata Rangga Husnaprawira, Project Officer The College Startup Lab, di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut, Rangga menjelaskan The College Startup Lab mengusung tema Product-Market Feed yang berarti produk harus sesuai dengan keinginan pasar.

Dalam menyelenggarakan acara tersebut, Rangga mengatakan telah melakukan kampanye ke lebih dari 10 universitas. "Kami melakukan seleksi dan interview. Dari 120 pendaftar kami pilih 30 orang terbaik dari 9 universitas yang memiliki latar belakang IT, bisnis dan jurusan lainnya," kata dia.

"Kualifikasi yang kami cari Qualifikasi spirit of startup founder menunjukan waktu sijgkat punya passion memecahkan masalah Para peserta akan dibagi menjadi 10 tim di mana tiap tim akan membangun suatu produk yang diperuntukkan sebagai solusi bagi suatu masalah yang ditentukan oleh penyelenggara.

Peserta akan melakukan eksperimen langsung melalui berbagai workshop dan aktivitas, termasuk berdiskusi langsung dengan calon konsumen, hingga membangun prototipe produk. Produk tersebut kemudian akan dipresentasikan dalam pitching di depan venture capitalist, pendiri startup, dan inkubator.

Selama bootcamp, peserta akan diberikan materi dan mentoring oleh para pembicara diantaranya Albert Lucius (Kudo), Amalia Maulana (Etnomark Consulting), Faustine Tan (HotelQuickly.com), Haikal Siregar (Boston Consulting Group) dan Iman Usman (RuangGuru.com).

Kedepannya, Rangga berharap The College Startup Lab dapat menjadi acara tahunan. Tidak hanya itu, Rangga berkeinginan alumni The College Startup Lab akan menjadi sebuah komunitas, sehingga dapat memperluas ekosistem startup.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015