Lebak (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lebak menyalurkan bantuan korban banjir bandang di Desa Muara Dua Kecamatan Cikulur.

"Bantuan ini untuk meringankan beban ekonomi masyarakat yang terkena musibah bencana alam," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Berdnardi di Lebak, Minggu.

Penyaluran bantuan itu antara lain kebutuhan bahan pokok, peralatan dapur, lauk pauk, air mineral kemasan, perlengkapan pakaian bayi dan susu.

Saat ini, warga yang terkena banjir bandang keluarga Anang dan Uding warga Desa Muara Dua Kecamatan Cikulur Kabupaten Lebak.

Kedua warga itu kini mengungsi ke tempat yang lebih aman karena kondisi rumahnya roboh akibat terjangan banjir bandang dan longsoran.

Peristiwa bencana alam tersebut setelah hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir di daerah itu.

Terjangan banjir bandang itu akibat luapan Cikalung hingga merobohkan dua rumah milik warga.

Banjir bandang begitu cepat dengan ketinggian satu meter, namun beruntung tidak memakan korban jiwa.

Sebab, warga setempat sudah mewaspadai cuaca buruk selama beberapa pekan terakhir akibat memasuki masa peralihan dari kemarau ke musim hujan.

"Kami sudah memperingatkan kepada warga yang tinggal di daerah aliran sungai agar meningkatkan kewaspadaan," katanya.

Sukma, seorang relawan Desa Muara Dua, Kecamatan Cikulur, Kabupaten Lebak, mengatakan pihaknya terus mendampingi para korban bencana banjir bandang agar mendapat bantuan bahan pokok karena perabotan rumah tangga miliknya kondisi rusak.

Selain itu juga pihaknya kini meningkatkan kewaspadaan karena beberapa pekan hujan deras disertai angin kencang dan sambaran petir.

"Kami tidak henti-hentinya mengingat kepada warga agar mewaspadai banjir, longsor dan angin kencang," katanya.

Pewarta: Mansyur
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015