Bandung (ANTARA News) - Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi menyatakan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi barometer kesuksesan pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 di Indonesia.

"Pilkada Kabupaten Bandung ini barometer kesuksesan pelaksanaan Pilkada Serentak pertama di Indonesia karena jumlah pemilihnya dan TPS-nya terbesar kedua untuk daerah tingkat II yang melaksanakan pilkada serentak. Pemilihnya hampir 25 juta dan TPS-nya sekitar 5 ribuan lebih ," kata Yuddy Chrisnandi di Kantor KPU Kabupaten Bandung, Rabu.

Ia menyampaikan terima kasih kepada pihak terkait seperti polisi, TNI, Kejaksaan, KPU dan Panwaslu di Kabupaten Bandung yang telah memberikan kinerja terbaiknya pada Pilkada Kabupaten Bandung 2015 ini.

"Dan saat ini adalah kita harus tetap waspada yakni tahapan kritis penghitungan sudah hampir selesai tinggal rekapitulasi dan penetapan," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya berpesan kepada masyarakat dan pasangan calon yang ikut serta pada Pilkada Serentak khususnya di Kabupaten Bandung untuk menerima hasil pemilu ini dengan lapang dada.

"Siapa pun pemenangnya itu adalah kemenangan rakyat. Kalau ada hal yang dianggap atau mengganggu hitungannya atau dugaan pelanggaran di satu daerah itu ada lembaga yang menangani itu. Percayakan sepenuhnya kepada lembaga atau institusi yang menangani kalau ada dugaan pelanggaran," kata dia.

Sekitar pukul 15.15 WIB, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi mengunjungi Kantor KPU Kabupaten Bandung di Komplek Taman Kopi Indah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, untuk memantau pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 di wilayah tersebut.

Mengenakan kemeja lengan panjang berwarna putih, Menpan RB tiba di Kantor KPU Kabupaten Bandung dan disambut oleh Ketua KPU Kabupaten Bandung Atip Tartiana dan Ketua Panwas Ketua KPU Kabupaten Bandung Ari Hariyanto.

Menpan RB langsung berdialog dengan mereka di ruang pertemuan tentang pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 di Kabupaten Bandung.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2015