Semarang (ANTARA News) - Polda Jawa Tengah memperoleh dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sekitar Rp15 miliar untuk rencana awal pembangunan gedung markas kepolisian yang terbakar pada 30 September 2015.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Liliek Darmanto di Semarang, Minggu, mengatakan bantuan tersebut merupakan sebagian dari kebutuhan dana untuk pembangunan awal gedung Polda.

"Total ada sekitar Rp50 miliar, selain hibah pemerintah provinsi juga alokasi dari Mabes Polri," katanya.

Menurut dia, pembangunan kembali gedung terbakar yang menimbulkan kerugian hingga Rp37 miliar tersebut diharapkan dapat segera dimulai awal tahun depan.

Sementara itu, berkaitan dengan rencana pembangunan kembali gedung polda, proses pembersihan sisa bangunan yang terbakar sudah dilakukan.

Polda Jawa Tengah berencana membangun gedung berlantai enam di atas bangunan di kompleks markas kepolisian tersebut yang terbakar.

"Akan dibangun kembali, rencananya berlantai enam," kata Komisaris Besar Liliek.

Menurut dia, konsep gedung baru tersebut sudah dipaparkan dan disampaikan kepada Kapolda Inspektur Jenderal Polisi Nur Ali.

Bahkan, kata dia, kapolda juga telah melapor kepada Presiden mengenai rencana pembangunan tersebut.

Adapun perhitungan kebutuhan dana, menurut dia, berdasarkan laporan kapolda masih berada pada kisaran Rp100 miliar hingga Rp200 miliar.

Pewarta: IC Senjaya
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015