Sejak revitalisasi StarBox diluncurkan pada November 2015, penggunanya sudah mencapai sekitar 100.000 UKM. Tahun depan (2016) kami targetkan mencapai 1 juta UKM,"
Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) membidik sebanyak 1 juta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menggunakan "StarBox", solusi yang memberi kemudahan bagi pelaku usaha dalam menjalankan bisnis dengan beragam aplikasi digital.

"Sejak revitalisasi StarBox diluncurkan pada November 2015, penggunanya sudah mencapai sekitar 100.000 UKM. Tahun depan (2016) kami targetkan mencapai 1 juta UKM," kataDirektur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, di Jakarta, Senin.

StarBox merupakan revitalisasi dari ShopBox yang sebelumnya diluncurkan Telkom pada 2014.

Produk ini adalah sebuah solusi yang dimaksudkan untuk lebih memudahkan pelaku bisnis UMKM menikmati konektifitas dan aplikasi BosToko sekaligus registrasi smartbisnis secara terintegrasi.

"Jika sebelumnya masih didominasi produk konektifitas, kini StarBox memberikan tiga solusi berbasis mobile yang terintegrasi meliputi "connectivity, conten dan commerce". Kenapa commerce karana UKM sudah memasuki digital," tegasnya.

Tiga solusi yang terintegrasi meliputi konektifitas berupa akses internet berkecapatan tinggi, tambahan akses wi-fi pada jutaan titik dengan dan kartu atau "starter-pack" Telkomsel Simpati.

Ia menjelaskan, tiga pendekatan strategis Telkom dalam mengembangkan StarBox yaitu Product Based Approach, Solution Based Approach, dan Community Based Approach.

"StarBox wujud komitmen Telkom untuk senantiasa mendukung pengembangan UKM Indonesia untuk lebih Maju, Modern dan Mandiri. Kami yakin UMKM akan mampu mengambil peluang dan memenangkan persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui pemanfaatan ICT," ujar Awaluddin.

Untuk mendukung dan mempercepat perluasan program "UKM Goes Digital" ini, Telkom menggandeng Telesindo-Shop serta modern channel Alfa-Mart diseluruh Indonesia.

Sementara itu, Direktur Penjualan dan Marketing Telesindo Shop Gatot B Haryono mengatakan siap bekerjasama dengan Telkom untuk menjadi mitra distribusi kartu StarBox.

"Selama ini StarBox melakukan distribusi dengan konsep "off line", maka dengan Telesindo bisa dilanjutkan dengan distribusi "on line," ujar Gatot.

Menurutnya, Telesindo bekerjasama dengan 12.000 jaringan Alfamart, di mana pada tahun 2016 ditargetkan jumlahnya bertambah sebanyak 2.200 jaringan.

(R017)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015