Nusa Dua, Bali (ANTARA) -
CEO PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) Budi Satria Dharma Purba mengharapkan ajang Bali Annual Telkom Internasional Conference (BATIC) Ke-8 Tahun 2023 mampu 
mendorong inovasi teknologi digital yang memerlukan penguatan infrastruktur.
 
"BATIC 2023 akan membahas perihal infrastruktur digital yang mampu mendorong terciptanya inovasi teknologi," kata Budi Satria saat jumpa pers di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Selasa.
 
Sebab, lanjut dia, infrastruktur digital tersebut nantinya dapat mendukung layanan-layanan digital yang dibutuhkan para pelaku di bidang ini dalam melakukan "sharing".
 
"Maka, di forum ini kita kasih platform telco dan pemain digital melakukan kolaborasi untuk menangkap peluang untuk servis yang lebih baik kepada masyarakat dan bisnis," katanya.

"Kita punya pembicara yang cukup bagus, juga kita lihat dari beberapa C Level atau penentu kebijakan dari perusahaan-perusahaan telekomunikasi dan digital terkemuka di dunia seperti PCCW Global, Telecom Italia, Etisalat, Cisco dan Akamai," katanya.

Baca juga: BATIC 2023 perkuat layanan "B to B" di bidang transformasi digital
 
Selain itu, kata dia, juga akan membahas mengenai peluang kerja sama antara para pelaku di industri telco dan industri digital. Kerja sama ini meliputi penyediaan layanan dan platform digital.
 
"Jadi di forum BATIC 2023 tidak sekadar konferensi karena banyak pembuat kebijakan yang hadir dari perusahaan global dan kita merumuskan arah industrinya mau ke mana. Jadi kita diskusikan juga," katanya.
 
Senior Vice President Corporate Communication&Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menambahkan, sebanyak 300 perusahaan global dari 40 negara akan menjadi peserta BATIC 2023 yang digelar 5-8 September 2023.
 
"Jumlah pesertanya mencapai 1.000 orang dari 300 perusahaan global," kata Reza.
 
BATIC merupakan forum telekomunikasi internasional yang ditujukan pada komunitas telco global sebagai platform untuk saling bertemu, berdiskusi, membangun networking
​​​​​​​dan berkolaborasi.

Baca juga: Telin perkuat ekosistem digital dan konektivitas wilayah melalui BATIC
 
BATIC memiliki suasana acara dan konferensi yang unik, dibalut oleh keaslian, budaya, dan tradisi Indonesia serta keramahtamahan yang khas.
 
Pertemuan ini juga menjadi ajang "showcase" 
dan kolaborasi para pemain telco (telekomunikasi) untuk bersama-sama menciptakan inovasi.

"Telkom Group bersama dengan telco global lainnya akan mendiskusikan tren dan isu terkini, lalu kita adopsi dan tukar pikiran (brainstorming) untuk menghasilkan inovasi yang tentunya bermanfaat untuk masa kini dan masa depan," katanya.
 
BATIC 2023 mengusung tema "Unleashing the Innovation Wave, Enabling the Digital Tomorrow" (Melepaskan Gelombang Inovasi, Mewujudkan Masa Depan Digital).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023