Nusa Dua, Bali (ANTARA) -
Anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Tbk), PT Telkom Indonesia International (Telin) menjalin kerja sama dengan PT Citra Connect (Citranet) Sarana Digital untuk konektivitas internet melalui kabel bawah laut di Nongsa Digital Park (NDP), Batam, Kepulauan Riau.
 
Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Chief Executive Officer (CEO) Telin Budi Satria Dharma Purba dan CEO Citranet Sarana Digital Michael Kristian Wiluan di sela-sela Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) Ke-8 Tahun 2023 di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis.
 
MoU itu bertujuan membentuk kerja sama strategis regional dalam konektivitas internet "broadband" dengan fokus pada penyediaan kabel bawah laut dan layanan terkait.
 
"Melalui kolaborasi ini, kami akan menyediakan konektivitas internet 'broadband' berkualitas tinggi kepada pelanggan kami di seluruh Indonesia," katanya.

Baca juga: BATIC 2023 momentum Telkom berkolaborasi dengan pemain telco global

Dia percaya bahwa kombinasi layanan dan keahlian infrastruktur telekomunikasi Telin bersama keunggulan teknologi dan inovasi Citra Connect akan berdampak positif pada perkembangan industri digital negara ini.
 
Menurut dia, penandatanganan itu memantapkan komitmen Telin dan Citranet untuk menjelajahi berbagai jenis kemitraan dalam mewujudkan transformasi digital nasional, khususnya di Kota Batam.

NDP diposisikan sebagai pusat ekosistem digital di Indonesia dan Asia Tenggara dengan pemenuhan kebutuhan infrastruktur konektivitas.
 
Hal itu sejalan dengan strategi "Five Bold Moves" dari Telkom yang terdiri dari inisiatif Fixed Mobile Convergence (FMC), InfraCo, Data Center Co, B2B Digital IT Service Co dan DigiCo.

Telkom masih fokus pada implementasi inisiatif-inisiatif ini dengan penekanan saat ini pada FMC, InfraCo dan Data Center Co.

Baca juga: BATIC 2023 perkuat layanan "B to B" di bidang transformasi digital

Inisiatif InfraCo adalah langkah konsolidasi dalam infrastruktur telekomunikasi yang memungkinkan berbagi jaringan untuk mengoptimalkan potensi dan valuasi.
 
Dengan infrastruktur yang luas, pusat data yang tersebar di seluruh Indonesia dan pangsa pasar pelanggan yang besar, Telkom memiliki potensi kuat untuk menjadi pemimpin dalam bisnis platform digital ini.
 
Telin dan Citra Connect akan berpartner lebih erat sebagai bagian dari kemitraan strategis ini untuk memanfaatkan potensi teknologi kabel bawah laut yang lebih handal dan efektif dalam transmisi data pita lebar.

"Proyek ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan jaringan komunikasi dan promosi kemajuan teknologi," kata Budi Satria.

Baca juga: BATIC 2023 diharapkan dorong inovasi teknologi digital
 
Chief Executive Officer (CEO) Telin Budi Satria Dharma Purba dan CEO Citranet Sarana Digital Michael Kristian Wiluan saat berjabat tangan usai penandatanganan MoU di sela-sela Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) Ke-8 Tahun 2023 di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (7/9/2023). Kerja sama itu untuk konektivitas internet melalui kabel bawah laut di Nongsa Digital Park (NDP), Batam, Kepulauan Riau. ANTARA/Syaiful Hakim
CEO Citranet Michael Kristian Wiluan  mengatakan, Kawasan Ekonomi Khusus Nongsa Digital Park telah diidentifikasi sebagai kunci untuk mewujudkan visi "Digital Bridge" Presiden Jokowi untuk menghubungkan Indonesia dengan seluruh dunia.
 
"Visi ini akan tercapai dengan menyediakan infrastruktur berkualitas tertinggi," ujarnya.

Grup Citramas yang merupakan perusahaan induk NDP telah menghadirkan Citra Connect - anak perusahaannya untuk menyediakan infrastruktur konektivitas "world class last mile" di Batam dan sekitarnya.

Baca juga: Telin dan NetIX kerja sama perkuat infrastruktur jaringan internet
 
Permintaan konektivitas yang meningkat juga diharapkan dari pelanggan NDP terkait, termasuk Infinite Studios digital animation, Infinite Learning Vocational Division, resident tech-based companies dan operator data center lainnya sehingga dapat menciptakan platform yang ideal dan strategis untuk kemitraan jangka panjang dengan Telin.
 
Telin dan Citra Connect pun berkomitmen untuk menyediakan solusi konektivitas yang andal dan canggih untuk mendukung pertumbuhan bisnis.
 
Tujuannya untuk menawarkan akses internet yang lebih luas, lebih cepat, dan lebih stabil ke berbagai sektor, termasuk bisnis dan perumahan. Kemitraan ini diharapkan akan membuka jalan menuju masa depan yang lebih terhubung dan digital.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023