Jumlah pesertanya mencapai 1.000 orang dari 300 perusahaan global
Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Bali Annual Telkom Internasional Conference (BATIC) 2023 di Nusa Dua, Bali, pada 5 September 2023 merupakan ajang untuk memperkuat layanan "Business to Business" (B to B) di bidang transformasi digital.

"Lewat ajang ini, Telkom bersama perusahaan-perusahaan dalam negeri maupun luar negeri mencari peluang kerja sama dan mengembangkan inovasi serta menguatkan layanan digital di masyarakat," kata Direktur Wholesale&International Service PT Telkom Indonesia (Persero), Bogi Witjaksono saat jumpa pers di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Selasa.

Karena itu, Telkom Indonesia akan fokus pada layanan "B to B", baik di domestik, internasional, industri manufaktur, infrastruktur maupun di platform serta konten.

"Jadi lingkup 'B to B' sangat luas. Karena itu di BATIC banyak peserta yang ingin berhubungan satu sama lain untuk bangun industri digital di Indonesia," kata Bogi.

Baca juga: BATIC 2022 angkat potensi Indo-Pasifik sebagai hub digital dunia

Strategi bisnis Telkom ke depan, kata dia, juga mengarah ke "B to B" karena bisnis di industri digital tidak bisa dijalankan sendiri, khususnya dalam mendorong transformasi digital.

"Kuncinya partisipasi, baik dalam infrastruktur,  platform maupun layanan," kata Bogi.

BATIC ke-8 yang digelar PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin) itu menjadi salah satu ajang untuk mempercepat transformasi digital, tidak hanya di kawasan domestik, tetapi juga di kancah internasional.

Senior Vice President Corporate Communication&Investor Relation Telkom, Ahmad Reza menambahkan, sebanyak 300 perusahaan global dari 40 negara akan menjadi peserta BATIC 2023.

"Jumlah pesertanya mencapai 1.000 orang dari 300 perusahaan global," kata Reza.

Baca juga: Telin perkuat ekosistem digital dan konektivitas wilayah melalui BATIC

BATIC merupakan forum telekomunikasi internasional yang ditujukan pada komunitas telco global sebagai platform untuk saling bertemu, berdiskusi, membangun jaringan (networking) dan berkolaborasi.

BATIC memiliki suasana acara dan konferensi yang unik, dibalut oleh keaslian, budaya dan tradisi Indonesia serta keramahtamahan yang khas.

Gelaran ini juga menjadi ajang "showcase" dan kolaborasi para pemain telco (telekomunikasi) untuk bersama-sama menciptakan inovasi.

"Telkom Group bersama dengan telco global lainnya akan mendiskusikan tren dan isu terkini, lalu kita adopsi dan tukar pikiran (brain storming) untuk menghasilkan inovasi yang tentunya bermanfaat untuk masa kini dan masa depan," katanya.

BATIC 2023 mengusung tema "Unleashing the Innovation Wave, Enabling the Digital Tomorrow" (Melepaskan Gelombang Inovasi, Mewujudkan Masa Depan Digital).

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023