Tulangbawang, Lampung (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia Cabang Tulangbawang, Provinsi Lampung menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan latihan bagi Korps Sukarela PMI yang berlangsung selama tujuh hari, tanggal 14 hingga 22 Desember 2015, di Markas PMI Tulangbawang di Menggala yang diikuti 30 peserta dari 15 kecamatan.

Menurut Ketua PMI Cabang Tulangbawang Heri Wardoyo, di Menggala, Selasa, PMI adalah salah satu organisasi kemanusiaaan tertua di dunia dengan kontribusi nyata dalam bidang kemanusiaan, sehingga harus makin ditingkatkan dan dirasakan manfaatnya oleh semua elemen masyarakat.

Heri Wardoyo yang juga Wakil Bupati Tulangbawang ini menambahkan, PMI Tulangbawang telah melakukan berbagai macam pelatihan dalam masa kepemimpinannya, karena itu diharapkan peserta Diklat Korps Sukarela (KSR) PMI ini sepulangnya nanti mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan kirannya dapat membangun atau membuka cabang kegiatan Palang Merah Remaja di sekolah-sekolah masing-masing.

Sekretaris PMI Tulangbawang Hariyanto SKM MM menjelaskan pula bahwa acara Diklat KSR seperti ini dilakukan secara reguler hampir setiap tahun.

Menurutnya, diklat ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan kader KSR yang tersebar hampir di seluruh sekolah, terutama tingkat SMA dan perguruan tinggi se-Tulangbawang.

Hariyanto yang juga Ketua Persatuan Perawat Indonesia Tulangbawang itu, mengatakan dalam diklat kali ini selama seminggu peserta akan dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan tentang kepalang merahan, kegawat daruratan, pertolongan pertama, perawatan keluarga, dan penanggulangan bencana.

Pewarta: Budisantoso Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015