TKI yang meninggal dunia itu diketahui bernama Juhdi ..."
Lebak (ANTARA News) - Juhdi, seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, dilaporkan meninggal dunia di Arab Saudi karena sakit.

"TKI yang meninggal dunia itu diketahui bernama Juhdi (35), warga Citeupuseun, Kecamatan Cihara," kata Kepala Seksi Penempatan dan Tenaga Kerja Luar Negeri Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Lebak, Agus Suyanto, di Rangkasbitung, Banten, Rabu.

Saat ini, jasad TKI asal Kabupaten Lebak itu sudah dikebumikan di Jeddah, Arab Saudi, atas keinginan keluarganya.

Keluarga almarhum di Kampung Cibinong, Desa Citeupuseun, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, mengikhlaskan kepergian Juhdi yang meninggalkan seorang isteri dan dua anak perempuan.

Juhdi, yang bekerja sebagai pengemudi, sudah lama sakit dan beberapa kali dirawat dirumah sakit setempat.

Pada 5 November 2015 ia menghembus nafas terakhir di rumah majikannya.

"Kami tidak bisa berbuat banyak jika keingginan keluarga jasad Juhdi tidak dipulangkan ke Tanah Air," katanya.

Menurut dia, Juhdi berangkat ke Arab Saudi melalui perusahaan Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) dari Jakarta.

Keberangkatan korban bekerja ke luar negeri dua tahun lalu, dikemukakannya, tidak melapor ke Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Pemerintah Kabupaten Lebak.

Meskipun korban tidak melapor, ia menyatakan, pihaknya tetap melayani proses pemulangan maupun mengurus gaji dan asuransi.

"Kami akan memperjuangkan hak-hak korban, seperti gaji maupun asuransi," katanya.

Sawiya (30) isteri Juhdi mengaku dirinya tidak ada firasat suaminya meninggal di negeri orang, karena sebelumnya sehat, bahkan kerapkali berkomunikasi dengan keluarga di kampung.

"Kami tidak menjadikan masalah dikebumikan di Arab Saudi, tetapi kami berharap hak-hak gaji dan asuransi diberikan oleh PJTKI itu," katanya menambahkan.

Pewarta: Mansyur
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2015