Pangkalpinang (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau agar perbankan memastikan uang tunai di setiap anjungan tunai mandiri (ATM) mencukupi menjelang Natal dan Tahun Baru 2016.

"Kita sudah imbau perbankan untuk menjaga stok uang tunai di tiap-tiap ATM untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang meningkat menjelang Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Babel, Bayu Martanto di Pangkalpinang, Senin.

Ia menambahkan, pihak bank dapat mengisi kembali uang tunai sebelum persediaan di mesin ATM menipis.

"Perbankan harus menyiapkan petugas yang siap siaga melakukan pengisian uang tunai di setiap mesin ATM bahkan di saat hari libur," katanya.

ATM merupakan pelayanan praktis yang diberikan kepada nasabah sehingga pada saat hari besar dan pada saat bank tidak beroperasi, masyarakat lebih memilih untuk menggunakan mesin tersebut.

"Pada hari libur masyarakat lebih memilih bertransaksi melalui ATM karena praktis dan bisa dilakukan kapan saja," katanya.

Selain itu ia juga meminta kepada masyarakat untuk ikut mengawasi perbankan yang memiliki ATM yang rusak dan diminta melaporkan hal tersebut kepada BI.

"Masyarakat juga harus berperan untuk menjaga kelancaran penggunaan ATM agar lebih kondusif," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015