London (ANTARA News) - Spekulasi mengenai Louis van Gaal yang menyebutkan ia akan digantikan oleh Jose Mourinho sebagai pelatih Manchester merupakan hal yang tidak sopan, kata pelatih Arsenal Arsene Wenger pada Rabu.

Kekalahan United dari tamunya Norwich akhir pekan silam, di mana setelah itu pria Belanda tersebut berkata bahwa ia "cemas terhadap posisinya, merupakan kekalahan ketiga mereka secara beruntun dan mereka tanpa kemenangan dalam enam pertandingan di semua kompetisi.

Pemecatan Mourinho oleh Chelsea pada pekan lalu telah meningkatkan spekulasi bahwa Van Gaal berpeluang digantikan oleh pelatih asal Portugal yang telah tiga kali membawa timnya menjuarai Liga Utama Inggris itu.

"Saya tidak mau memasuki dunia spekulasi, saya secara pribadi memiliki rasa hormat teramat besar untuk Louis van Gaal," kata Wenger pada konferensi pers yang berlangsung Rabu.

"Apa yang terjadi saat ini merupakan hal yang tidak sopan. Orang ini telah bekerja selama 30 tahun di sepak bola dan memberikan kualitas pekerjaan yang sukar dipercaya."

"Tentu saja ia layak mendapatkan lebih banyak waktu."

Wenger, yang tim asuhannya menduduki peringkat kedua di Liga Utama Inggris menjelang jadwal Natal yang padat, tertinggal dua angka dari Leicester City, mengatakan keputusan Pep Guardiola untuk mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan Bayern Munich di akhir musim menambah rumor-rumor yang telah ada.

Meski demikian ia akan menyambut pria Spanyol itu di Inggris, seandainya Guardiola kemudian melatih di Liga Utama Inggris.

"Ia merupakan pelatih papan atas yang berkualitas, bukan karena apa yang telah ia menangi sebab Bayern telah meraih banyak kemenangan sebelum ia tiba di sana dan (mantan klubnya) Barcelona sekarang menjadi pemenang, namun karena sikap positifnya terhadap permainan dan ia menginginkan tim-timnya bermain dengan cara yang positif, itulah yang saya hormati," ucapnya.

"Secara pribadi saya tidak suka ketika seorang pelatih terlalu cepat meninggalkan rencana-rencananya karena itu tidak bagus untuk tim-tim mereka dan meningkatkan spekulasi mengenai siapa pelatih yang akan menjalani masa sulit."

Dengan dipecatnya Mourinho, Van Gaal berada di bawah tekanan, dan pelatih Manchester City Manuel Pellegrini juga berada di bawah tekanan, Wenger terlihat berada dalam posisi aman pada Rabu, di mana timnya sedang berada dalam penampilan bagus dan banyak pihak memprediksi bahwa Arsenal akan menjuarai liga.

Arsenal telah memenangi angka terbanyak di kompetisi strata teratas dalam satu tahun kalender, dan menang 2-1 atas City pada Senin.

"Kami kalah pada pertandingan kandang pertama kami dari West Ham dan kami tidak yakin bahwa pada Natal kami akan berada dua angka di belakang pemuncak klasemen," kata Wenger.

"Namun jika Anda melihat ke belakang pada 2015 kami begitu konsisten, kami memiliki tahun yang positif, dan menstabilkan rekor pertahanan kami dan memperbaiki rekor kami saat melawan tim-tim yang lebih kuat di Liga Utama Inggris."

"Maka kelihatannya kami berada di kereta yang tepat menuju arah yang benar."

Arsenal akan bermain di markas Southampton pada Sabtu, dan menjamu Bournemouth dua hari kemudian. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/A020)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2015