Saya harus mengatakan rasanya menyakitkan saat menonton United"
Manchester (ANTARA News) - Mantan pemain Manchester United (MU), Dwight Yorke, mengkritik keputusan pelatih Louis Van Gaal yang keliru menempatkan Rooney sebagai pemain cadangan kala dikalahkan Stoke 0-2 pada laga Boxing Day, Sabtu.

Rooney baru masuk pada babak kedua setelah Bojan Krkic dan Marko Arnautovic menjebol gawang De Gea sekaligus memberikan empat kekalahan berturut-turut bagi MU.

"Meninggalkan pemain penting Anda, kapten Anda dalam situasi yang paling sulit, (Rooney) seseorang yang punya pengalaman meskipun penampilannya belum sempurna, saya merasa seolah-olah ada sesuatu yang menentangnya dan (Van Gaal) membuat kesalahan lagi petang ini," kata Yorke dilansir dari Skysports, Sabtu.

"Saya menganggap waktunya tidak tepat. Ada begitu banyak kesempatan untuk tidak memainkan Wazza (Rooney) dan saya kira hal sulit sebagai manajer Manchester United adalah meninggalkan kapten Anda tidak bermain," katanya.

"Dia (Van Gaal) manajer yang punya banyak pengalaman dan tentu saja Anda harus membuat keputusan namun hari ini saya merasa pandangan Van Gaal salah," kata Yorke.

Yorke pun melayangkan kritik pedas atas penampilan buruk tanpa kemenangan sampai tujuh pertandingan di semua kompetisi. Ia mengkritik kegagalan Van Gaal dalam memilih pemain yang bisa memberikan kemenangan.

"Saya harus mengatakan rasanya menyakitkan saat menonton United," kata Yorke. "Saya merasa itu tim yang kurang percaya diri. Tidak ada hasrat apa pun dalam tim itu."

"Saya melihat ke bangku cadangan apakah ada seseorang yang bisa muncul selain Wayne Rooney untuk membawa sesuatu yang berbeda untuk tim."

"Di mana orang-orang seperti (Javier) Hernandez? Orang di masa lalu seperti Ole Gunnar Solskjaer yang datang dari bangku cadangan untuk bersinar atau untuk membawa kami kembali ke dalam permainan. Sepertinya kami kurang di situ," cetusnya.

Yorke juga mengecam kesalahan sundulan yang dilakukan Memphis Depay kepada De Gea sehingga berbuah gol pembuka Stoke yang dicetak Bojan Krkic.

"Sundulan Depay ini adalah sundulan terburuk yang pernah saya lihat," kata Yorke. "Saya tidak percaya dengan apa yang mata saya melihat. Saya melihat tim Manchester United tanpa hasrat dan keinginan."

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015