Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah berhasil mendapatkan kepercayaan publik untuk mewujudkan Indonesia yang bersih dan bebas korupsi.

"Kepercayaan publik yang telah diraih harus terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan terus bekerja secara lebih profesional, lebih intensif dan berkesinambungan, sehingga dapat tetap menjaga kewibawaan lembaga," kata Presiden saat peresmian gedung baru KPK dan Peringatan 12 Tahun KPK di Jakarta, Selasa.

Presiden juga menegaskan kembali dukungannya pada upaya KPK dan para pemimpin KPK dalam memberantas korupsi.

"Seperti halnya seluruh rakyat Indonesia, saya menaruh harapan besar pada KPK untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih, dan Indonesia yang bebas korupsi," katanya.

Baca : Presiden : gedung baru KPK menandakan perjuangan berlanjut

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan bahwa semua pihak berkepentingan untuk melawan korupsi.

"Ini kepentingan seluruh rakyat Indonesia. Indonesia bisa bangkit menjadi bangsa yang besar, kalau kita bebas dari korupsi," kata dia.

Presiden juga menegaskan bahwa KPK harus dijaga agar tetap menjadi lembaga independen yang bebas dari pengaruh kekuatan politik.

Baca : Habibie-SBY-Jokowi sama-sama hadir di KPK

Upaya-upaya hukum yang profesional, kredibel, transparan dan akuntabel, ia melanjutkan, akan mendukung independensi KPK.

"Sikap ini pula yang akan menjadi kekuatan tersendiri bagi KPK dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan," katanya.

Pewarta: Hanni Sofia Soepardi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015