Medan (ANTARA News) - Ribuan warga Medan yang memadati Merdeka Walk, Kamis malam (31/12), menyambut gembira malam pergantian Tahun 2015-2016 dengan meniup trompet karton dan juga membunyikan klakson sepeda motor mereka.

Pemantauan pada malam Tahun Baru itu, warga masyarakat kelihatan "tumpah ruah" berkumpul di Jalan Balai Kota Medan, Jalan Raden Saleh, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Putri Hijau.

Bahkan, sepajang jalan protokol di Kota Medan itu, mengalami kemacetan karena menumpuknya mobil pribadi dan sepeda motor warga.

Apalagi, saat detik-detik pergantian Tahun Baru 2016, sekitar pukul 00.01 WIB, seluruh badan jalan tersebut,tidak dapat lagi dilalui karena menumpuknya warga memarkir kendaraan mereka.

Sejumlah personel kepolisian yang berada di Pos Lantas di persimpangan Jalan Raden Saleh Medan dalam keadaan siaga mengawasi kendaraan tersebut.

Meski pada malam pergantian Tahun Baru kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan tidak menggelar pesta kembang api, namun masyarakat tetap ramai dan antusias merayakannya.

Pemkot Medan menggantikan pesta kembang api itu dengan menggelar doa bersama dan zikir akbar bagi warga di daerah tersebut.

Doa bersama dan zikir akbar tersebut menghadirkan penceramah kondang asal ibu kota Jakarta, Al Ustadz Syeh Ali Jaber memberikan tausiah kepada para jamaah.

Kegiatan tersebut diawali dengan khatam Al-Quran oleh 30 qori dan qoriah yang tergabung dalam Ikatan Persatuan Qori dan Qoriah (IPQOH) Kota Medan.

Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi, Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan turut hadir pada acara malam Tahun Baru itu.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan Kota Medan bekerja sama dengan Satlantas Polresta Medan melakukan pengalihan arus lalu lintas pada malam tahun baru demi mengantisipasi kemacetan di kawasan Lapangan Merdeka.

Pengalihan arus lalu lintas itu akan dilakukan dua tahap, untuk tahap pertama dimulai pukul 19.00 sampai 22.00 WIB, sedangkan tahap kedua dilakukan mulai pukul 22.00 WIB.

Untuk pukul 19.00 sampai 22.00 WIB, arus lalu lintas dari Kantor Pos yang mengarah ke stasiun kereta api ditutup dan diarahkan ke Jalan Putri Hijau.

Selanjutnya, arus lalu lintas dari Jalan Pulau Pinang yang mengarah ke PT Lonsum ditutup, dan diarahkan ke Jalan MT Haryono, lalu arus lalu lintas dari Jalan Kereta Api-Palang Merah yang mengarah ke Jalan Ahmad Yani ditutup, semua arus diarahkan ke Jalan MT Haryono.

Sedangkan untuk pukul 22.00 WIB, arus lalu lintas dari Jalan Kapten Maulana Lubis-Diponegoro yang mengarah ke Lapangan Merdeka ditutup, arus lalu lintas diluruskan ke Jalan Imam Bonjol.

Kemudian arus lalu lintas dari Jalan Ahmad Yani menuju Lapangan Merdeka ditutup, diarahkan ke Jalan MT Haryono.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016