Jakarta (ANTARA News) - Kredit tanpa agunan (KTA) bisa menjadi alternatif bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu singkat. Aplikasi KTA ke bank dinilai sangat membantu karena proses pengajuan KTA yang relatif singkat dan hanya membutuhkan waktu pencairan dalam beberapa hari saja.

Selain itu KTA juga tidak akan membebani anda dengan segala macam persyaratan yang menyulitkan dan sejumlah dokumen yang membutuhkan waktu lama untuk penyediaannya.

Namun di luar semua kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan KTA, pada umumnya salah satu hal utama yang selalu menjadi pemikiran orang dalam memilih KTA adalah tingkat suku bunga yang ditawarkan oleh bank.

Ini sangat wajar menjadi pertimbangan utama anda, mengingat suku bunga yang ditetapkan bank akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan pinjaman yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

Karena itu, penting bagi anda untuk mengenal dan mencermati beberapa bank yang di bawah ini yang menawarkan suku bunga rendah di dalam produk KTA mereka, antara lain:

1.  Bank Central Asia (BCA).
Bank BCA memperuntukkan produk KTA mereka hanya bagi para nasabah kartu kredit BCA dengan lama pemakaian kartu minimal selama 1 tahun dalam pemakaian dan pembayaran yang tergolong lancar atau bagi nasabah yang pembayaran gajinya dilakukan melalui rekening bank BCA.

Batas kredit yang ditawarkan KTA BCA adalah hingga 100 juta rupiah dengan jangka waktu pembayaran maksimal selama 36 bulan. Sedangkan untuk suku bunga yang ditawarkan antara 1% - 1.07% per bulannya atau setara dengan 12% - 12.84% per tahun, tergantung pada pilihan jangka waktu pembayaran.

2.  Bank Australia and New Zealand (ANZ).
Bank ANZ melalui ANZ MoneyLine memberikan kemudahan pinjaman dengan bunga yang tetap sebesar 0,99% per bulannya atau sekitar 11,88% per tahun. Batas kredit yang ditawarkan KTA ANZ adalah 4 juta rupiah – 200 juta rupiah dengan jangka waktu pelunasan antara 3 bulan hingga 60 bulan.

3.  Bank Negara Indonesia (BNI).
BNI menawarkan 2 produk KTA bagi para calon nasabahnya, antara lain:
●BNI Fleksi KTA
KTA ini memiliki suku bunga yang rendah, antara 0.875% - 1.041% per bulan atau sekitar 10.5% - 12.5% per tahun.  Jumlah plafon yang ditawarkan KTA ini adalah 5 juta rupiah hingga 100 juta rupiah dengan jangka waktu pembayaran hingga 5 tahun.
●BNI Cerdas KTA.
Produk KTA ini ditujukan untuk biaya pendidikan anak dan BNI memberi pinjaman dengan batas plafon hingga mencapai 200 juta rupiah dengan jangka waktu pelunasan hingga 3 tahun saja. Bunga yang ditetapkan BNI untuk produk ini antara 0.96% - 1.041% per bulan atau 11.5% - 12.5% per tahunnya.

4.  Bank Mandiri.
Sama dengan BNI, Bank Mandiri juga memiliki 2 produk KTA dengan bunga yang tergolong cukup rendah, antara lain:
●KTA Mitrakarya.
KTA ini khusus diperuntukkan bagi karyawan dari perusahaan-perusahaan mitra Bank Mandiri, limit yang ditawarkan antara 5 juta rupiah – 200 juta rupiah  dengan jangka waktu pembayaran hingga 5 tahun. Selain itu KTA Mitrakarya juga menawarkan bunga yang sangat rendah, yakni sebesar 0.87% per bulan atau 10,44% per tahun.
●KTA Payroll.
Pada dasarnya limit yang ditawarkan KTA Payroll sama dengan KTA Mitrakarya, hanya saja terdapat perbedaan pada jangka waktu pembayaran dan suku bunga yang ditawarkan. KTA Payroll hanya memiliki jangka waktu pelunasan selama 3 tahun saja, dengan suku bunga bunga sebesar 0.9% per bulan atau 10.8% per tahunnya.
Dengan berbagai perbandingan di atas, anda dapat menentukan sendiri produk KTA yang tepat untuk memenuhi segala kebutuhan pendanaan anda. Pastikan anda sudah memperhitungkan semuanya sebelum mengajukan pinjaman KTA.

(ADVERTORIAL)

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016