London (ANTARA News) - Menang gol semata wayang (1-0) ketika melawan Sheffield United dalam ajang Piala FA pada Minggu (10/1), kini pelatih Manchester United (MU) Louis Van Gaal berharap dapat meraih kemenangan kembali menghadapi Newcastle United dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris (Premier League).

Kini MU bertengger di peringkat kelima dalam klasemen Liga Inggris, hanya tertinggal tiga poin di belakang Tottenham.

Salah satu strategi MU menghadapi Newcastle United yang tengah disiapkan oleh meneer asal Belanda itu, mengandalkan formasi 4-2-3-1 dengan menyiapkan Martial di lini serang, sebagaimana dikutip dari laman futnsoccer.

Penjaga gawang:
David de Gea belum banyak berperan krusial ketika melawan Sheffield United, hanya saja grafik penampilannya kian menanjak dari satu laga ke laga lainnya. Penampilan yang kian mentereng, bukan tidak mungkin membuat Real Madrid penasaran memboyong dia ke Spanyol.

Lini pertahanan:
Pemain timnas,  Chris Smalling dan Daley Blind kian kompak menjalin kerjasama melapis pertahanan. Di posisi ful-bek, Van Gaal besar kemungkinan menurunkan duet   Matteo Darmian dan Cameron Borthwick-Jackson. Penampilan pemain yang disebut terakhir ini makin percaya diri.

Gelandang:
Bastian Schweinsteiger mengalami cedera dalam laga Piala  FA. Ia diragukan tampil dalam laga melawan Newcastle United. Morgan Schneiderlin juga masih belum pulih. Dengan begitu Van Gaal menoleh kepada pasangan Michael Carrick dan Marouane Fellaini untuk menempati posisi sebagai gelandang bertahan.

Di posisi lebih dalam, pilihan jatuh kepada Memphis Depay dan Jesse Lingard. Memphis demikian tampil mengesankan dengan mengisi posisinya yang selama ini ditempati oleh Ander Herrera.

Juan Mata dan Ander Herrera bukan tidak mungkin duduk di bangku cadangan karena penampilan keduanya jauh dari harapan dalam pekan belakangan ini. Rooney diberi kepercayaan berperan sebagai gelandang serang. Grafik rata-rata penampilannya belum mengkilap.

Lini serang:
Dengan memosisikan diri sebagai gelandang serang, maka Van Gaal memberi tempat secara logis kepada Anthony Martial di lini serang. Striker muda ini terus menunjukkan penampilan kian tajam mengancam pertahanan lawan.

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2016