Samarinda (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, segera membayarkan gaji ribuan pegawainya untuk periode Januari 2016 yang tertunda hingga saat ini.

Penjabat Bupati Kutai Kartanegara Chairil Anwar di Tenggarong, Senin, menyatakan pembayaran gaji pegawai bulan Januari 2016 rencananya dilakukan pada Selasa (12/1).

"Besok (Selasa) gaji PNS bulan Januari yang sempat tertunda akan kami bayarkan," kata Chairil Anwar.

Kepastian pembayaran gaji PNS itu didapatkan, setelah Pemkab Kutai Kartanegara menerima dana Kurang Salur 2014 dari Kementerian Keuangan yang seharusnya diterima pada Desember 2015.

"Dana Kurang Salur 2014 itu sudah masuk Rp390 miliar ke kas daerah, sehingga gaji pegawai Insya Allah akan dibayarkan besok (12/1). Saat ini dalam tahap administrasi," katanya.

Ia berharap untuk pembayaran gaji pegawai pada Februari dan Maret 2016 tidak terjadi keterlambatan lagi.

"Menurut Kementerian Keuangan, pekan ini Pemkab Kutai Kartanegara akan kembali menerima transfer dana Rp65,65 miliar yang juga berasal dari dana Kurang Salur 2014," ujarnya.

"Kemudian pada Februari 2016, mudah-mudahan akan mengucur Dana Bagi Hasil yang besarnya sekitar Rp700 miliar. Informasi ini kami dengar saat berkonsultasi ke Kementerian Keuangan pada akhir pekan lalu," kata Chairil Anwar.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara H Marli menjelaskan untuk uang tunjangan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) bulan Desember 2015 juga akan diusahakan dibayarkan bersamaan dengan gaji Januari 2016.

Ia mengimbau seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Kutai Kartanegara tetap tenang dan bekerja seperti biasa.

"Kami meminta keterlambatan pembayaran gaji tidak membuat kinerja pegawai menurun. Pastinya gaji Februari dan Maret 2016 aman. Jadi, kami meminta PNS agar tetap bekerja dengan baik sesuai ketentuan yang ada," ujar Marli.

Pewarta: Amirullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016