Padang (ANTARA News) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat, meminta dukungan Dewan Perwakilan Daerah untuk merealisasikan rencana pembangunan taman evakuasi tsunami.

"Masyarakat di Padang butuh lahan yang dapat dijadikan sarana berlindung dari ancaman tsunami," kata Wali Kota Padang, Mahyeldi, di Jakarta, Rabu.

Mahyeldi mengatakan warga Padang, terutama di kawasan pinggir pantai, khawatir terhadap ancaman bencana gempa dan tsunami, maka taman ini menjadi salah satu kebutuhan mendesak.

Pembangunan taman evakuasi tsunami perlu dilaksanakan segera dan dibangun menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari seperti berolahraga atau aktivitas sosial lainnya, ujarnya.

Ketika masyarakat terbiasa dengan adanya taman evakuasi tsunami, maka akan mudah untuk mengarahkan menuju lokasi aman saat terjadi bencana tsunami, lanjut dia.

Dia berharap berbagai pihak terkait termasuk DPD RI dapat mendukung rencana pembangunan taman evakuasi tsunami itu.

Ketua DPD, Irman Gusman, mendukung pendirian taman evakuasi tsunami di Padang itu. Ide membuat taman seperti bukit buatan merupakan langkah tepat untuk memperkuat upaya mitigasi bencana.

Pewarta: ikhwan Wahyudi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016