Makassar  (ANTARA News) - Dewan Komisaris PT Paggolona Sulawesi Mandiri (PT PSM) sepakat menunjuk Luciano Leandro sebagai pelatih tim "Juku Eja" menghadapi Indonesia Super Competition (ISC) yang rencana digulirkan pada April 2016.

Direktur Klub PSM, Sumirlan di Makassar, Jumat, mengatakan penetapan Luciano Leandro sebagai pelatih berdasarkan berbagai pertimbangan, salah satunya ia dianggap lebih mengenal karakter PSM karena pernah menjadi pemain.

"Ada sejumlah pertimbangan sehingga kita putuskan memilih Luciano. Satu hal yang pasti karena dia tentunya lebih tahu banyak soal karakter bermain PSM karena memang pernah menjadi bagian dalam tim," ujarnya.

Selain alasan lebih mengenal karakter PSM, kata dia, Luciano dalam hal bahasa juga lebih paham ketimbang kandidat pelatih lain yakni Wolfgang Pikal dan Petre Gigiu yang baru saja mengirimkan lamarannya ke manajemen PSM.

"Dengan pertimbangan itu sehingga kita sepakati menunjuknya sebagai pelatih kepala. Kita juga sudah meminta agar Luciano bisa segera bergabung di Makassar," jelasnya.

Mengenai jadwal kedatangan Luciano, dirinya juga mengaku telah berkomunikasi dengan Luciano dan disebutkan jika yang bersangkutan sudah siap ke Makassar dalam waktu dekat. Mantan pemain PSM asal Brasil itu selanjutnya akan menangani tim menggantikan Liestiadi yang dipecat pascakegagalan tim Juku Eja di Piala Jenderal Sudirman.

Terkait penetapan Luciano sebagai pelatih, memang cukup mengejutkan. Sebab sebelumnya justru nama Wolfgang Pikal yang justru menjadi kandidat kuat dan juga disebutkan hampir pasti menangani tim PSM.

Salah satu yang membuat Luciano dinilai sulit karena dinilai masih ada di Brasil. Sementara PSM sudah melaksanakan latihan perdana sejak dua hari terakhir.

Penetapan Luciano sebagai pelatih PSM hanya berselang sehari saja setelah pelatih asal Rumania, Petre Gigiu mengajukan lamaran ke PSM.

"Luciano kita harapkan awal pekan depan sudah bisa bergabung dalam tim. Dari informasi terakhir memang sudah mencari tiket untuk berangkat ke Makassar.Kita tunggu saja kedatangannya," katanya.

Sementara itu, Luciano Leandro yang dikonfirmasi juga mengakui sudah berkomunikasi dengan manajemen terkait penunjukannya sebagai pelatih PSM.

"Saya sejak awal memang sudah ingin ke Makassar. Namun karena baru ada petunjuk dari manajemen sehingga saya berencana langsung kesana (Makassar)," sebutnya.

Pewarta: Abd Kadir
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2016